Soal Pretest PPG TK/PAUD 2023 dan Kunci Jawaban
Assalamualaikum, salam sukses bpk/ibu guru pejuang Gr., pada postingan kali ini admin bagikan Soal Pretest PPG TK/PAUD 2023 dan Kunci Jawaban, soal ini dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga sangat cocok digunakan untuk persiapan mengikuti seleksi akademik (Pretest).
Sebenarnya Soal Pretest ini terdiri dari banyak soal, karena keterbatasan waktu admin hanya share beberapa soal dan akan diperbarui di lain waktu, doain admin sehat selalu hehe. Berikut ini admin bagikan Soal Pretest PPG TK/PAUD 2023 dan Kunci Jawaban:
1. Bermain bersama teman melatih anak untuk belajar membina hubungan dengan sesamanya. Baik menggunakan alat permainan ataupun tanpa alat main, anak akan belajar mengalah, memberi, menerima, dan saling menolong. Pernyataan tersebut menguatkan bahwa kegiatan bermain memiliki urgensi dalam aspek….
A. Kognitif
B. Bahasa
C. Sosial emosional
D. Fisik motorik
E. Seni
2. Bermain merupakan serangkaian kegiatan atau aktivitas anak untuk bersenang-senang. Melalui bermain anak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan segala potensi yang ada dalam dirinya, termasuk imajinasi. Anak akan lebih fokus pada pengalaman yang mereka lakukan pada saat sedang bermain [a]. Saat main, anak tersenyum dan tertawa tanpa menunjukkan ada kekhawatiran atau kecemasan sedikit pun [b]. Bermain menjadikan seluruh perkembangan anak terstimulasi dengan maksimal [c]. Pernyataan di atas menunjukkan bahwa butir [a], [b], dan [c] menjelaskan bahwa bermain memiliki karakteristik sebagai berikut….
A. Lebih berorientasi pada proses – menyenangkan – nonliteral
B. Non literal – menyenangkan – didorong oleh motivasi intrinsik
C. Lebih berorientasi pada proses – menyenangkan – bermakna
D. Episodik – non literal – bermakna
E. Motivasi eksternal – menyenangkan – lebih berorientasi pada proses
3. Ketika bermain, seorang anak kadangkala berimajinasi dan mengeluarkan ide- ide yang tersimpan di dalam pemikirannya. Anak akan mengekspresikan pengetahuan yang dimiliki sekaligus mendapatkan pengetahuan baru dari pengalaman bermain tersebut. Guru akan dapat semakin mengenal seorang anak pada saat mengamati kegiatan bermain tersebut. Bahkan, melalui kegiatan bermain pura-pura, guru akan dapat menemukan kesan kesan dan harapan seorang anak terhadap orang dan keluarganya. Konteks tersebut sesuai dengan urgensi bermain terhadap aspek perkembangan …..
A. Sosial
B. Kognitif
C. Fisik motorik
D. Bahasa
E. Emosional
4. Pernyataan berikut ini yang mendeskripsikan bahwa kegiatan bermain memiliki manfaat yang sangat penting dalam perkembangan fisik dan motorik anak adalah….
A. Anak belajar mengenal kemampuan diri dan membandingkannya dengan orang lain, kemudian menguji kemampuannya dengan mencoba peran baru dan mengetahui dampak yang ditimbulkan dari tingkah lakunya terhadap orang lain
B. Kegiatan bermain memberi kesempatan seorang anak untuk belajar menghadapi situasi kehidupan pribadi sekaligus memecahkan masalah.
C. Kegiatan bermain memungkinkan anak menggerakkan dan melatih seluruh otot tubuhnya sehingga anak memiliki kecakapan gerakan dan kepekaan penginderaan.
D. Saat bermain, anak mendapatkan pengalaman melalui eksplorasi dan memanipulasi segala sesuatu yang ada di lingkungan sekitarnya, terutama mengenal warna, bentuk, ukuran, tekstur, dan membedakan objek.
E. Anak memiliki pengalaman untuk mencoba melafalkan kosa kata yang baru dikenalnya
5. Perilaku non literal anak dalam bermain digambarkan dalam butir berikut ini, yakni….
A. Anak memulai kegiatan bermain dengan cara membagi peran masing- masing
B. Anak menyusun puzzle sebanyak 15 keping menjadi sebuah bentuk utuh yang bermakna
C. Anak mencampur cairan warna biru dengan warna kuning sehingga menghasilkan warna hijau
D. Anak menari dan menyanyi di hadapan teman-temannya
E. Anak melakukan kegiatan membeli dan menjual dengan menggunakan barang-barang bekas
6. Pada saat kegiatan di sentra balok, seorang anak sedang membawa beberapa unit balok untuk disusun menjadi sebuah rumah. Seorang teman datang menghampiri dan mengatakan akan bersama membantu membuat rumah tersebut. Mereka kemudian terlihat menghimpun beberapa unit balok dan terlibat percakapan untuk membangun rumah tingkat yang tinggi. Ibu guru datang menghampiri dan mengamati kegiatan mereka berdua, tidak mencoba terlibat di dalam kegiatan bermain tersebut. Peran guru dalam kondisi seperti ini termasuk dalam jenis….
A. Onlooker
B. Stage manager
C. Pemberi pijakan
D. Co-player
E. Pendamping
7. Peran guru sebagai teman bermain (co-player) dalam kegiatan bermain anak digambarkan dalam ilustrasi yang tepat berikut ini, yaitu….
A. Dua anak sedang bermain masak-masakan dengan menggunakan peralatan yang ada, seperti panci, kompor, sendok, garpu, dsb. Guru mengamati sambil mendokumentasikan kegiatan tersebut.
B. Guru menyiapkan skenario bermain operet yang akan dilakukan oleh anak dalam satu kelas. Guru yang akan berperan sebagai tokoh utama dalam operet tersebut.
C. Anak-anak sedang bermain jual beli di sentra bermain peran. Anak-anak memiliki ide untuk menjual layaknya di swalayan. Guru menyarankan agar mereka menata barang belanjaan seperti di swalayan dan menggunakan uang-uangan kertas untuk alat pembayarannya.
D. Anak bekerja sama untuk membangun istana dengan menggunakan balok. Anak berbagi tugas; satu anak membuat pondasi, membuat pagar, dan bangunan inti istana. Guru merapikan dan membereskan mainan anak- anak.
E. Guru menyiapkan seperangkat unit balok dengan beragam pilihan di lemari yang terbuka kemudian meminta anak mengambil satu per satu balok tersebut untuk dimainkan.
8. Guru meletakkan biji-bijian di dalam wadah. Anak mencoba untuk memasukkan biji tersebut satu per satu ke dalam botol dengan menggunakan penjepit kecil (pinset) dengan cermat. Ilustrasi ini mencontohkan bahwa kegiatan bermain penting dalam mengembangkan aspek perkembangan….
A. Motorik halus
B. Motorik kasar
C. Kognitif
D. Bahasa
E. Sosial
9. Simbolisasi dalam bermain merupakan cara anak merepresentasikan kemampuan berpikirnya yang terlihat dari bagaimana anak mencoba untuk meniru atau melakukan apa yang dipikirkannya, seperti meniru menjadi seorang montir yang sedang bekerja memperbaiki mobil yang rusak. Hal ini mendeskripsikan bahwa kegiatan bermain penting sekali dalam kaitannya dengan aspek perkembangan….
A. Bahasa
B. Kognitif
C. Sosial
D. Fisik motorik
E. Emosional
10. Pilihan jawaban yang tepat untuk menunjukkan bahwa bermain memiliki karakteristik episodik adalah…
A. Ani sedang asyik membuat kue-kuean dengan menggunakan adonan dari tepung terigu.
B. Ciya meniru gaya ibu guru pada saat mengajar di kelas.
C. Rudi tertawa gembira sesaat setelah berhasil menendang bola ke dalam gawang.
D. Raka bermain peran, dimulai dari menata alat main, bermain pura-pura menjadi ayah bersama teman kemudian mengakhirinya saat jam makan siang tiba.
E. Sari sedang mengumpulkan dedaunan kering dan menyusunnya menjadi kolase
11. Bermain berfungsi untuk me-refresh energi. Anak yang kehabisan energi perlu menemukan cara untuk memulihkan energi fisik dan psikologis mereka. Bermain sangat dibutuhkan untuk mengembalikan energi tersebut. Pernyataan ini menjelaskan tentang teori bermain, yaitu teori….
A. Surplus energy
B. Relaksasi
C. Psiko analisis
D. Arousal modulation
E. Psikoanalisis
12. Bermain praktis (practices play) ditandai dengan perilaku sebagai berikut ….
A. Anak melakukan kegiatan seolah-olah seperti orang berkelahi namun tidak sungguhan berkelahi.
B. Anak mengumpulkan beberapa benda untuk dikoleksi, seperti daun untuk dikeringkan dan disimpan.
C. Anak membagi tugas dengan teman main dengan tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya.
D. Anak membuat mobil-mobilan dengan menggunakan kardus bekas kemasan makanan
E. Anak bermain dengan melakukan gerakan yang berulang-ulang, hanya mencari kesenangan
13. Seorang anak duduk sendiri merakit beberapa keping lego menjadi sebuah bentuk yang kokoh. Saat ibu guru bertanya tentang kegiatan mainnya, anak tersebut mengatakan bahwa dia sedang membangun kandang untuk hewan peliharaannya. Menurut pandangan Piaget, anak tersebut berada dalam tahapan kegiatan bermain…
A. Sensorimotorik
B. Konstruktif
C. Simbolik
D. Dramatik
E. Kreatif
14. Kegiatan bermain anak yang ditandai dengan meniru peran orang dewasa, seperti menjadi pembeli, ibu dan ayah, atau profesi tertentu dapat dimasukkan dalam jenis kegiatan bermain pura-pura. Namun tidak semua kegiatan bermain pura-pura ini dapat dikatakan sebagai kegiatan bermain dramatik. Berikut ini yang termasuk dalam persyaratan kegiatan bermain dramatik, kecuali….
A. Anak akan bertahan dengan peran yang dimainkannya minimal selama 15 menit
B. Anak melakukan interaksi dengan anak lain dan bertukar alat permainan
C. Anak berpura-pura memerankan satu tokoh dan mengekspresikannya dengan gerakan yang sesuai
D. Anak berkomunikasi secara verbal dengan teman mainnya
E. Anak memilih alat dan bahan main sesuai dengan minatnya
15. Anak mengekspresikan pikiran dan perasaannya secara orisinil atau dalam membuat sesuatu secara natural, seperti kegiatan menggambar, melukis, atau membuat hewan dengan playdough. Hal ini menunjukkan bahwa anak melalukan kegiatan bermain...
A. Sensori motorik
B. Imajinatif
C. Kreatif
D. Manipulatif
E. Eksploratif
16. Permainan tradisional yang dilakukan oleh anak usia dini mencerminkan budaya dari lingkungan kehidupan anak, terutama dalam konteks lingkungan…
A. Mikrosistem
B. Ekosistem
C. Makrosistem
D. Mesosistem
E. Kronosistem
17. Urutan yang tepat untuk menunjukkan pola interaksi anak dalam kegiatan bermain sosial adalah…
A. Konstruktif – simbolik – sensori motorik – onlooker play – fantasi play – rough and tumble play
B. Sensori motor play – symbolic play – micro symbolic play – macro symbolic play – constructive play
C. Unoccupied play – onlooker play – solitary play – parallel play – associative play – cooperative play
D. Discovery play - physically play – creative play - imaginative play - manipulative play - social play
E. Microsymbolic play – macrosymbolic play – onlooker play – collaborative play
18. Anak belum menunjukkan antusiasmenya kepada lingkungan sekitar, khususnya orang lain. Anak terlihat lebih menikmati kegiatannya sendiri dalam bermain, baik menggunakan atau tanpa menggunakan alat permainan. Perilaku anak seperti dua pernyataan tersebut menunjukkan pola interaksi bermain…
A. Soliter
B. Paralel
C. Asosiatif
D. Onoccupied
E. Onlooker
19. Bermain dramatik termasuk dalam kegiatan bermain peran. Namun tidak setiap kegiatan bermain peran masuk dalam kategori bermain dramatik. Dua persyaratan kegiatan bermain dramatik yang harus dipenuhi untuk membedakannya dengan bermain peran saja adalah…
A. (1) Anak harus mengikuti aturan main yang telah disepakati bersama dan
(2) menonton anak lain bermain
B. (1) Anak harus berinteraksi dengan anak lain dan (2) saling bertukar bahasa verbal.
C. (1) Anak harus menggunakan kostum yang menyerupai peran tokoh yang dipilih dan (2) melengkapi koleksi peralatan main
D. (1) Anak harus berkomunikasi dengan anak lain dan (2) menyiapkan peralatan sesuai dengan kebutuhan main
E. (1) Anak memilih alat permainan dan (2) mengkomunikasikan pilihan mainnya kepada guru
20. Anak mengambil sebuah boneka. Boneka tersebut digendong dan dipeluknya dengan penuh kasih sayang. Kemudian, anak pura-pura menyuapi boneka tersebut dengan sendok dan sesekali mengelap mulut boneka. Ilustrasi tersebut menggambarkan kegiatan bermain….
A. Kreatif
B. Mikro
C. Makro
D. Dramatik
E. Manipulatif
21. Ibu Ani seorang pendidik anak usia dini. Ia membuat media untuk anak didiknya. Media tersebut terbuat dari foto berbagai obyek dan di bawah foto ditulis huruf awalnya. Setelah media tersebut selesai kegiatan yang dilakukan di kelas adalah meminta anak untuk menunjuk beberapa benda dan menyebutkan huruf awal serta bunyinya. Media ini cocok untuk mengembangkan aspek ...
A. Kognitif
B. Fisik motorik
C. Bahasa
D. Agama
E. Moral dan agama
22. Di sebuah playground terdapat beberapa anak yang sedang bermain. Alat bermain tersebut diantaranya ada papan titian, papan jungkat jungkit, ayunan. Alat permainan tersebut cocok dimainkan untuk anak usia ...
A. 0-6 bulan
B. 5-6 tahun
C. 7-12 tahun
D. 1-2 tahun
E. 3-4 tahun
23. Bu Dima sedang memilih bahan dan ala-alat main yang akan digunakan untuk pembelajaran esok hari, namun tetap dengan mengingat kebutuhan anak didiknya. Hal yang dilakukan Bu Dima adalah ...
A. Analisis program
B. Menyiapkan alat dan bahan
C. Merencanakan pelajaran
D. Segera Membeli alat Permainan
E. Identifikasi alat bermain yang dibutuhkan
24. Setelah melakukan kegiatan, Andi dan teman-teman menempelkan hasil karya mereka di dinding. Hal ini berati anak-anak sedang melakukan ...
A. Menghias dinding
B. Chart
C. Menunjukkan hasil karya
D. Display
E. Gambar seri
25. Pembuatan model dimulai dari: Pertama, kertas bekas disobek-sobek dan direndam dalam air selama satu hari sampai tiga hari. Kedua, setelah proses perendaman selesai, kertas diblender sampai halus. Ketiga, kertas blender disaring dengan kain. Penyaringan dilakukan untuk membuang air, sehingga diperlukan pemerasan sampai agak kering. Keempat, ampas atau bubur kertas tadi kemudian dicampur, diaduk rata dengan lem putih. Kelima,adonan siap dicetak sesuai dengan keinginan. Langkah di atas adalah urutan pembuatan dari
A. Bubur kertas
B. Clay
C. Playdough
D. Lilin
E. Membuat bentuk
26. Pada sebuah sentra, guru menyediakan alat main berupa deretan angka, kwartet angka, kotak merjan, tusuk gigi. Sentra ini menstimulasi aktivitas ..... anak
A. Pengembangan Seni
B. Matematika
C. Bahasa
D. Fisik motorik
E. Sosial Emosi
27. Ibu menyediakan binatang-binatang dan boneka untuk bermain peran juga alat untuk mengekspresikan diri. Alat main yang disediakan Ibu cocok untuk aktivitas ...
A. Matematika
B. Bahasa
C. Fisik motorik
D. Sosial emosi
E. Kreativitas
28. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini semakin pesat. Hal tersebut berpengaruh terhadap dunia pendidikan kita. Berikut ini yang merupakan fungsi TI dalam dunia pendidikan adalah …
A. Sebagai pemecah masalah di dalam KBM
B. Sebagai media dalam pembelajaran
C. Sebagai pengganti guru.
D. Sebagai alat penghubung dengan anak.
E. Meringankan pekerjaan guru
29. Saat ini kita memasuki industri 4.0. anak-anak sejak usia sangat dini sudah bisa mengakses internet. Bahkan mainan anak juga memanfaatkan teknologi sebagai pendukung belajar. Contoh pemanfaatan TIK dalam pembelajaran anak usia dini adalah...
A. Kompetisi game online di kelas.
B. Pengganti guru yang tidak masuk.
C. Kompetisi kemampuan TIK pendidik PAUD
D. Pemutaran film edukatif sesuai usia
E. Menjadi sumber utama dalam pembelajaran.
30. Pembelajaran berbasis IT yang kurang sesuai untuk anak usia 5 tahun adalah…
A. Menggambar via paint
B. Menari ditemani video.
C. Coding
D. Melihat video di youtube
E. Membuat video kegiatan dibantu guru
31. Permainan anak bersifat spontan dan informal. Mereka bermain kapan saja dan dengan mainan apa saja yang mereka sukai, tanpa memperhatikan tempat dan waktu, sebab ....
A. Bermain secara fisik kurang aktif dengan bertambahnya usia
B. Bermain semakin lebih sesuai dengan jenis kelamin
C. Permainan pada masa usia dini berubah dari tidak formal menjadi formal
D. Jumlah teman bermain menurun dengan bertambahnya usia
E. Bermain sangat tergantung dengan alat permainan yang disediakan
32. Media bermain digital berpengaruh pada pengalaman bermain anak-anak yang berguna untuk pengembangan keaksaraan awal mereka, adalah pendapat menurut…
A. Yellend
B. Montesorri
C. Yelland
D. Luke
E. Erikson
33. Selain aspek sarana dan pra sarana yang lengkap. Dalam penerapan IT sekolah haruslah memperhatikan….
A. Sumber daya manusia
B. Software
C. Aplikasi
D. Lab yang memadai
E. Makalah
34. Lingkungan yang membuat semua bidang kegiatan yang dilakukan dapat mendukung perkembangan anak usia dini adalah lingkungan yang .....
A. Dekat dengan jalan raya
B. Banyak polusi
C. Daerah yang aman dan baik
D. Interaksi yang tidak berkualitas antara pendidik dan anak-anak
E. Dekat dengan rel kereta api
35. Sangat penting bahwa lingkungan pendidikan anak usia dini memungkinkan untuk …
A. Kontak mata antara orang dewasa dan anak-anak
B. Tidak ada interaksi sosial untuk anak
C. Aksesibilitas aman antara berbagai daerah
D. Aksesibilitas peralatan, permainan dan aksesoris
E. Tidak memerlukan perhatian dari pendidik
36. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menata lingkungan indoor untuk mendukung aktivitas anak usia dini adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. Pertimbangkan ukuran dan bentuk ruangan
B. Area makan
C. Dapat menggunakan cahaya alami
D. Pakailah warna-warna cerah
E. Jumlah anak
37. Hal-hal yang perlu disediakan dalam menyiapkan area luar adalah, kecuali
.......
A. Batu pijakan
B. Benda dengan tekstur yang berbeda (ubin, batu, batu, kerang)
C. Meja belajar dan kursi
D. Alat main untuk melatih keseimbangan dan memanjat serta mendaki
E. Alat permainan untuk melatih kelenturan dan kecepatan motorik kasar
38. Prinsip dasar merancang kegiatan bermain untuk anak usia dini adalah .....
A. Pilih aktivitas yang seru dan bersifat mendidik
B. Tidak memilih aktivitas yang dapat membuat kotor
C. Terus-menerus
D. Aktivitas untuk anak usia dini disamakan setiap anak
E. Memaksa anak
39. Ruang bermain yang tepat terletak dan dirancang dengan mengacu pada lingkungannya yang sesuai dengan kebutuhan anak. Berikut ini hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih lokasi bermain untuk anak, kecuali...
A. Ruangan yang lapang dan fleksibel
B. Lokasi yang mudah dijangkau anak-anak
C. Lokasi dapat diakses oleh anak berkebutuhan khusus
D. Dekat area taman bermain
E. Jauh dari mana-mana
40. Aktivitas bermain yang dilakukan membutuhkan media yang tepat agar sesuai dengan dapat dilakukan dengan efektif, sesuai tujuan dan menyenangkan. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam merancang media bermain pada anak usia dini, kecuali...
A. Identifikasi kebutuhan dan karakteristik anak
B. Membagi anak ke dalam beberapa kelompok
C. Perumusan tujuan instruksional (instructional objective)
D. Perumusan butir-butir materi yang terperinci
E. Menentukan alat dan bahan
41. Di sebuah taman bermain, terlihat lima anak yang sedang asyik bermain bola. Mereka berlari mengejar, menyepak, dan memperebutkan bola untuk ditendang. Mereka bermain menggiring bola bergantian.dengan tangkas. Aturan main mereka sederhana; setiap anak saling menendang ke arah temannya dan temannya itu menendang lagi ke teman yang lainnya. Semua anak aktif terlibat dalam kegiatan bermain tersebut. Anak tidak mengeluh pada saat terjatuh, bahkan sepanjang kegiatan itu anak lebih banyak tertawa. Ilustrasi ini mendeskripsikan bahwa kegiatan bermain memiliki urgensi terhadap dua aspek perkembangan anak, yakni….
A. Motorik kasar dan bahasa
B. Motorik halus dan sosial
C. Motorik kasar dan sosial
D. Motorik halus dan kognitif
E. Motorik halus dan motorik kasar
42. Suatu pagi di sentra balok, terlihat tiga anak yang sedang berkumpul. Seorang anak mengusulkan untuk sama-sama membuat sebuah rumah tingkat tiga lantai. Dua anak lainnya setuju. Mereka mengambil alas dan sejumlah balok dan mulai menyusunnya. Terjadi proses komunikasi antara satu anak dengan dua anak lainnya. Mereka saling membantu sampai akhirnya anak-anak selesai membuat tujuan awal saat main. Saat rumah yang direncanakan berhasil dibuat, anak-anak bertepuk tangan. Setelah merasa cukup dalam bermain, mereka pun mengakhirinya.
Paparan utuh tentang kegiatan bermain tersebut termasuk lebih tepat menggambarkan bahwa bermain memiliki karakteristik, yakni …
A. Episodik
B. Non literal
C. Aturan fleksibel
D. Bersumber dari motivasi eksternal
E. Bermakna
43. Anak terkadang mengalami kecemasan saat berpisah dengan orang tuanya, saat orang tua pergi meninggalkan mereka di satuan PAUD untuk belajar. Kecemasan tersebut ditampilan dalam ekspresi sedih atau perilaku menangis. Untuk membantu mengurangi kecemasan tersebut, anak diajak oleh guru melakukan kegiatan bermain. Melalui kegiatan bermain, kecemasan tersebut perlahan akan berkurang dan tergantikan dengan perasaaan bahagia. Hal ini menunjukkan urgensi kegiatan bermain terhadap perkembangan ….
A. Kognitif
B. Bahasa
C. Fisik motorik
D. Sosial emosional
E. Seni
44. Berikut ini yang menjelaskan contoh perilaku non literal pada anak usia dini sebagai bentuk kegiatan bermain adalah…
A. Anak melempar dan memasukkan bola ke dalam keranjang
B. Anak menyanyikan lagu dengan penuh semangat
C. Anak menjimpit biji-bijian kemudian memasukkannya ke dalam botol
D. Anak melukis dengan kuas di atas papan lukis
E. Anak bermain jual beli dengan temannya
45. Sebagai upaya memberikan pengalaman yang lebih menarik pada anak, guru mencoba untuk memperkaya dan mengelaborasi kegiatan bermain melalui tema-tema baru yang berbeda dengan tema sebelumnya. Guru menyiapkan kostum dan alur cerita sebuah kegiatan main. Guru pun terlibat langsung untuk tetap menjaga keberlangsungan dari sebuah kegiatan bermain. Hal ini menunjukkan peran guru sebagai…
A. Pengamat (Onlooker)
B. Pemberi pijakan (stage manager)
C. Teman bermain (co-player)
D. Pemimpin Permainan (Play Leader)
E. Pijakan bermain
46. Anak akan melakukan kegiatan bermain bersama dengan teman-temannya di rumah dan di sekolah yang akan turut mempengaruhi bagaimana perkembangannya. Sebagai contoh, bermain dengan teman sebaya dengan relasi yang baik dapat mengurangi tekanan pada anak, meningkatkan perkembangan secara kognitif, dan lain sebagainya. Menurut teori ekologi, sistem lingkungan tersebut termasuk dalam konteks …
A. Ekosistem
B. Mikrosistem
C. Mesosistem
D. Kronosistem
E. Mesosistem
47. Pola interaksi asosiatif dalam bermain ditunjukkan dalam ilustrasi di bawah ini, yaitu ….
A. Anak menyibukkan dirinya sendiri pada saat teman-teman lainnya bermain ular tangga
B. Tiga anak saling bercakap-cakap tentang makanan kesukaan mereka pada saat bermain masak-masakan
C. Anak menghampiri temannya yang sedang berjalan di atas papan titian
D. Sebelum bermain, sekelompok anak membuat rencana untuk bermain jual beli dan kemudian berlanjut dengan kegiatan tersebut menggunakan alat- alat main yang ada.
E. Anak duduk berdampingan menyelesaikan sebuah proyek gunung meletus
48. Kegiatan bermain yang dilakukan oleh anak dengan melakukan gerakan- gerakan acak dan mencoba mengenali suatu benda yang diberikan kepadanya seperti dengan mencoba meraba, memegang, mengambil, dan mempelajari suatu benda, termasuk dalam kategori jenis bermain...
A. Eksplorasi
B. Konstruktif
C. Simbolik
D. Manipulatif
E. Imajinatif
49. Kegiatan bermain dramatik mencakup kegiatan bermain peran namun tidak semua kegiatan bermain peran merupakan kegiatan bermain dramatik. Butir- butir jawaban berikut ini merupakan ciri-ciri dari kegiatan bermain dramatik. Namun satu di antaranya merupakan syarat pembeda yang akan menunjukkan perbedaan antara kegiatan bermain peran dengan kegiatan bermain dramatik. Satu butir pembeda tersebut adalah…
A. Anak menerima peran dan mengekspresikannya dalam tindakan meniru dan atau verbalisasi
B. Anak menggunakan peralatan yang mendukung kegiatan bermain peran seperti menggunakan boneka untuk dijadikan sebagai pasien saat anak bermain dokter-dokteran.
C. Anak memakai kostum untuk mencirikan perannya sebagai tokoh tertentu, misal: memakai celemek pada saat menjadi koki.
D. Anak mengimajinasikan kegiatan bermain secara bebas
E. Anak terus bermain dalam episode dan peran yang spesifik minimal 10 menit
50. Teori ekologi membahas tentang konteks sosial di mana anak tinggal dan orang-orang yang mempengaruhi perkembangan anak. Salah satu sub sistem ada yang terdiri dari lingkungan kerja orang tua, kenalan saudara, peraturan dari pihak sekolah. Sub sistem ini tidak langsung menyentuh pribadi anak akan tetapi besar pengaruhnya terhadap anak seperti koran, majalah, televisi, dokter, keluarga besar dll. Sub sistem ini termasuk dalam konteks….
A. Mesosistem
B. Ekosistem
C. Mikrosistem
D. Makrosistem
E. Kronosistem
51. Alat permainan merupakan jenis sumber belajar yang terdapat dalam pendidikan anak usia dini. Alat permainan di bawah ini yang merupakan alat permainan di luar ruangan adalah ....
A. Papan titian
B. Boneka tangan
C. Puzzle
D. Papan Tulis
E. Buku
52. Salah satu media pembelajaran yang khusus diperuntukkan bagi anak usia dini orang sering menyebutnya sebagai .....
A. Kartu-kartu bergambar
B. Alat permainan edukatif
C. Puzzle
D. Balok
E. Model Permainan
53. Media yang dapat menggambarkan kejadian yang sebenarnya dan berbentuk 3 dimensi adalah ....
A. Papan titian
B. Buku cerita
C. Diorama
D. Maket
E. Puzzle
54. Alat permainan edukatif (APE) adalah sebuah alat permainan yang dirancang untuk melatih daya nalar anak usia dini. Hal ini berarti APE ditujukan untuk mengembangkan aspek ..... pada anak usia dini
A. Bahasa
B. Fisik Motorik
C. Moral Agama
D. Kognitif
E. Sosial emosi
55. Berikut ini merupakan prinsip-prinsip dalam penggunaan media pembelajaran untuk anak usia dini, kecuali ....
A. Media adalah bagian integral dalam pembelajaran
B. Penggunaan media hendaknya bervariasi
C. Media harus aman digunakan anak
D. Media dapat mengembangkan beberapa aspek perkembangan
E. Media dapat menggantikan posisi guru
56. Media berbasis teknologi informasi ada yang bisa digunakan secara off line maupun online. Media bermain yang bisa digunakan secara offline tidak memerlukan koneksi internet pada proses penggunaannya tetapi perlu di downloud secara gratis maupun dengan membeli atau bisa dibeli dari aplikasi yang tersedia kecuali...
A. CD interaktif
B. Mari belajar budaya nusantara
C. Mari belajar membaca
D. buku cerita interaktif
E. Ruang Guru PAUD
57. Guru mengembangkan pembelajaran anak-anak melalui pengaturan kegiatan, intervensi yang dilakukan selama kegiatan dan diaktifkan untuk menghubungkan kegiatan dengan pengalaman pembelajaran lainnya hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan TIK. Berikut ini media TIK yang dapat digunakan untuk mengembangkan kognitif dan bahsa anak usia dini adalah....
A. Buku cerita interaktif
B. Flas card
C. Video
D. Lembar kerja berwarna
E. Gambar
58. Ruang bermain yang tepat terletak dan dirancang dengan mengacu pada lingkungannya yang sesuai dengan kebutuhan anak. Berikut ini hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih lokasi bermain uantuk anak kecuali...
A. Ruangan yang lapang dan fleksibel
B. lokasi yang mudah dijangkau anak-anak
C. lokasi dapat diakses oleh anak berkebutuhan khusus
D. Dekat area taman bermain
E. Alat bermain yang digunakan aman bagi anak
59. Diantara permainan tradisional yang berkembang di Indonesia lebih banyak fisik dan olah pikir. Jika permainan ini diterapkan untuk menyampaikan sebuah materi pembelajaran karena selain sangat menyenangkan permainan ini akan memberikan efek kesehatan secara fisik pada anak dan seluruh sens
anak berkembang. Berikut ini merupakan permainan fisik dan olah pikir kecuali ...
A. Permainan Karet
B. Permainan Engklek
C. Permainan Kelereng (Gundu)
D. Permainan Bentengan
E. Permainan congklak
60. Permainan tradisional di bawah ini membutuhkan ketangkasan dari pemainnya agar tidak mudah untuk ditangkap yang mirip dengan permainan petak jongkok adalah...
A. Permainan Kucing Rumput
B. Permainan Layang-Layang
C. Permainan kucing rabun
D. Permainan engklek
E. Permainan kelereng
Demikianlah postingan tentang Soal Pretest PPG TK/PAUD 2023 dan Kunci Jawaban, semoga bermanfaat dan sukses selalu dan dimudahkan semuanya hingga lulus PPG tahun ini, aamin.
Silahkan bapak/ibu bookmark atau save halaman posting ini dengan cara tambahkan ke Layar Utama ponsel anda agar bisa diakses langsung dari Layar Utama.
Sebelum admin akhiri postingan ini kami tak henti-hentinya mengajak bpk/ibu untuk terus memberikan dukungan kepada situs JALURPPG.ID dengan cara bagikan atau share postingan ini. Terima kasih. Salam Guru Profesional.