Soal Pretest PPG Penjas Orkes 2023 dan Kunci Jawaban
Assalamualaikum, salam sukses bpk/ibu guru pejuang Gr., pada postingan kali ini admin bagikan Soal Pretest PPG Penjas Orkes 2023 dan Kunci Jawaban, soal ini dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga sangat cocok digunakan untuk persiapan mengikuti seleksi akademik (Pretest).
Sebenarnya Soal Pretest ini terdiri dari banyak soal, karena keterbatasan waktu admin hanya share beberapa soal dan akan diperbarui di lain waktu, doain admin sehat selalu hehe. Berikut ini admin bagikan Soal Pretest PPG Penjas Orkes 2023 dan Kunci Jawaban:
1. Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan melalui berbagai kegiatan jasmani yang bertujuan mengembangkan secara organik, neuromuskuler, intelektual dan emosional. Dengan demikian seyogyanya dalam tujuan pembelajaran penjas guru PJOK sebaiknya lebih fokus pada .....
A. Orientasi penilaian pada proses pembelajaran
B. Orientasi penilaian pada Hasil pembelajaran
C. Orientasi penilaian pada aktivitas gerak
D. Orientasi penilaian pencapaian prestasi olahraga
D. Orientasi penilaian pada sikap dan keterampilan
2. Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan melalui berbagai kegiatan jasmani sedangkan pendidikan olahraga adalah …
A. Suatu Aktifitas yang besifat kompetitif
B. Aktifitas pembelajaran jasmani
C. Aktifitas motorik-motorik
D. Pendidikan jasmani
E. Pendidikan karakter yang mengutaman hasil.
3. Pendidikan jasmani adalah disiplin yang berorientasi tubuh atau fisik manusia, di samping berorientasi pada disiplin mental dan sosial, hal ini sesuai dengan orientasi pendidikan jasmani sesuai ....
A. Landasan sosiologis dalam pendidikan jasmani
B. Landasan etimologis dalam pendidikan jasmani
C. Landasan psikologis pendidikan jasmani
D. Landasan biologis bagi pendidikan jasmani
E. Landasan emosional bagipendidikan jasmani
4. Mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk menguasai keterampilan gerak dasar yang akan mendorong partisipasinya dalam aneka aktivitas jasmani, merupakan salah satu tujuan pendidikan jasmani. Berikut contoh bentuk ativitas yang dapat diterapkan adalah ....
A. Sebagai anggota tim sepak bola memberikan kontribusi strategipermainan jika instrusikan.
B. Melakukan latihan memanah dengan sungguh-sungguh jika dimasukkandalam tim panahan.
C. Sebagai anggota tim futsal, berpartisipasi aktif, menggunakanketerampilan bermain, menerapkan strategi, dan semangat dalam permainan kasti .
D. Melaksanakan sungguh-sungguh kegiatan latihan dalam tim sepak bola bila diamati oleh guru.
E. Berpatisipasi aktif dalm kegiatan ektrakurikuler bela diri pencak silat
5. Pendidikan jasmani memiliki berbagai pengertian menurut pandangan berbagai ahli maupun organisasi. Pengertian pendidikan jasmani pada prinsipnya merupakan ….
A. Pendidikan olahraga yang dilakukan oleh masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya
B. Pendidikan olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana berjenjang dan berkelanjutan
C. Pendidikan olahraga yang dilakukan atas dasar kecintaan atau kegemaran berolahraga
D. Bagian intergral dari pendidikan secara umum, yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organic, neuromuskuler, persepsual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sisitem pendidikan nasional
E. Bagian intergral dari pendidikan nasional, yang direncanakan secara sistematik yang berlangsung sepanjang hayat.
6. Yang Menjadi ciri pembeda antara pendidikan jasmani, dan olahraga kompetitif antara lain….
A. Pendidikan jasmani menitikberatkan pada sistem penilaian final score,
sedangkan olahraga kompetitif gain score
B. Pendidikan jasmani memiliki fokus orientasi pada anak (child oriented), sedangkan olahraga kompetitif pada materi latihan (subject oriented)
C. Pendidikan jasmani membentuk individu sesuai dengan kebutuhan fungsional cabang olahraga, sedangkan olahraga kompetitif tidak
D. Olahraga kompetitif selalu dipertandingkan, sedangkan pendidikan jasmani tidak boleh sama sekali ada pertandingan
E. Pendidikan jasmani memiliki fokus orientasi pada gerak (movement), sedangkan olahraga kompetitif orientasi pada cabang olahraga
7. Dalam PJOK kita kenal ada tiga konstruk yaitu; pendidikan Jasmani, pendidikan olahraga, dan pendidikan kesehatan. Pernyataan mengenai pendidikan kesehatan dibawah ini yang benar adalah:
A. Suatu upaya pendidikan untuk mencapai kesehatan lingkungan
B. Pendidikan yang mengutamakan kesehatan
C. Upaya mempelajari bagaimana menciptakan kesehatan diri
D. Suatu upaya atau kegiatan untuk mencipkatan perilaku masyarakat (di sekolah, anak didik) yang kondusif untuk kesehatan
E. Pendidikan yang mengutamakan kesehatan fisik dan mental.
8. Olympism ditetapkan sebagai filosofi dan prinsip dasar,dengan demikian diskriminasi atau perbedaan terhadap ras, suku, agama, ideologi dan warna kulit harus dihindarkan dalam setiap gerakan olimpiade. Dengan demikian sejatinya olimpism mengandung tiga makna yaitu;Living excellence, Living Respect, dan Living Friendsip. Ungkapan sistem nilai yang mengandung makna antara laian ; Persahabatan, Berempati dan bersimpati kepada orang lain, Kerjasama, Saling memberi dan melayani, serta Saling mendukung merupakan implementasi dari makna ....
A. Living excellence
B. Living Respect,
C. Living Friendsip
D. Visioner
E. Peacefull
9. Menurut Internasional olimpik komite (IOC), ada tujuh nilai-nilai olympiade (olympism) sebagai filosofi, mengandung arti tidak ada pembedaan dalam hal; ras, suku, agama, ideologi & warna kulit, serta merupakan usaha untuk menciptakan perdamaian dunia. Komponen standar yang tidak termasuk sasaran pembentukan moral dalam Olympism adalah; .....
A. Kesempurnaan Dalam Performansi (Excellence in performance),
B. Berpartisipasi Dengan Kegembiraan & Kesenangan (Joy and pleasure in participation).
C. Mengutamakan prestasi dalam berkompetisi.
D. Rasa Hormat Terhadap Sesama (Respect for other nations, cultures, religions, races and individuals).
E. Pengembangan Kualitas Manusia (Human quality development).
10. Kegiatan jasmani dilakukan mengandung unsur permainan, perjuangan atau kompetisi baik dengan diri sendiri, orang lain maupun alam dan dilakukan secara sportif dan fair, merupakan ciri umum dari….
A. Pendidikan Olahraga
B. Pendidikan Jasmani
C. Penjasorkes
D. Olahraga Kompetitif
E. Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi
11. Yang tidak termasuk tiga belas prinsip pokok dalam pendidikan jasmani menurut Zeigler untuk dapat meningkatkan kualitas hidup manusia adalah:
A. reversibility
B. overload
C. relaxation
D. recreation
E. bone density
12. Beberapa prinsip umum dalam memberikan pembelajaran pendidikan jasmani adalah kecuali:
A. Pendidikan jasmani pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik
B. Model pembelajaran pendidikan jasmani harus seimbang antara terpusat pada guru dan pada siswa
C. Orientasi pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan anak, isi dan materi serta cara penyampaian harus menarik dan menyenangkan
D. Pendekatan holistik tubuh-jiwa ini termasuk pula penekanan pada ketiga domain kependidikan: psikomotor, kognitif dan afektif.
E. Model pembelajaran pendidikan jasmani tidak harus terpusat pada guru tetapi pada siswa
13. Empat konsep komponen dalam memberikan materi PJOK di sekolah, kecuali:
A. Komponen an organik
B. Komponen neuromuskuler
C. Komponen intelektual
D. Komponen emosional
E. Komponen organik
14. Khusus untuk materi teknik dan taktik dasar, saudara harus memperhatikan tiga prinsip utama, adalah:
A. memulai materi dari yang paling mudah menuju ke yang paling berat
B. memulai materi dari yang paling ringan menuju ke yang paling berat
C. memulai materi dari yang paling mudah menuju ke yang yang paling kompleks
D. memulai materi dari yang paling enteng menuju ke yang paling kompleks
E. memulai materi dari yang paling ringan menuju ke yang sukar
15. Yang bukan tujuan pendidikan jasmani yang disampaikan Bucher’s adalah:
A. Tujuan pengembangan memulai fisik, berkaitan dengan kegiatan program yang membangun kekuatan fisik secara individu melalui pengembangan dari berbagai sistem organ tubuh
B. Tujuan pengembangan motorik, berkaitan dengan menjadikan gagasan fisik bermanfaat dan dengan sedikit pengeluaran energi yang mungkin, dan estetika dalam gerakan ini.
C. Tujuan pengembangan mental, berkaitan dengan akumulasi dari tubuh pengetahuan dan kemampuan berpikir untuk menafsirkan pengetahuan
D. Tujuan pengembangan sensorik, berkaitan dengan membantu individu dalam membuat penyesuaian dengan lingkungannya.
E. Tujuan pengembangan sosial, berkaitan dengan membantu individu dalam membuat penyesuaian pribadi, kelompok sebagai anggota masyarakat.
16. Tiga orang siswa Bembeng, Bambang dan Bolang melakukan aktivitas jasmani. Bambang berlari, Bembeng mengayunkan kedua tangannya di atas balok keseimbangan, sedangkan Bolang lagi menggiring bola. Siapakah yang melakukan gerakan non lokomotor menurut saudara.
A. Bambang
B. Bembeng
C. Bolang
D. Bambang dan Bembeng
E. Bambang dan Bolang
17. Tatkala seorang siswa belajar menguasai teknik sepakbola, maka urutan yang paling baik dalam belajar adalah sebagai berikut:
A. heading-shooting-passing-dribbling
B. shooting-passing-dribbling-heading
C. dribbling-heading-passing-shooting
D. dribbling-passing-heading-shooting
E. heading-passing,dribbling-shooting
18. Teknik dasar dalam bermain bolavoli adalah, kecuali:
A. passing bawah, smash, block, dan servis
B. passing atas, smash, block, servis, passing bawah
C. servis, passing atas, jumping-block-tosser
D. smash, block, servis, dan passing atas
E. passing bawah, servis, block, dan smash
19. Tindakan guru dalam memberikan pelajaran PJOK di sekolah yang paling tepat adalah:
A. Menjalankan pembelajaran sesuai dengan yang tertera dalam kurikulum
B. Memberikan pembelajaran sesuai dengan minat dan keinginan peserta didik
C. Memberikan pembelajaran sesuai dengan kebiasaan masyarakat sekitar sekolah
D. Memberikan pembelajaran sesuai dengan sarana dan prasarana, perkembangan peserta didik, dan situasi serta kondisi di sekolah
E. Memberikan pembelajaran sesuai dengan budaya masyarakat
20. Mengajarkan teknik dasar untuk olahraga permainan seperti sepakbola, bolavoli, bolabasket, bulutangkis dan tenis meja adalah:
A. Mutlak harus dilakukan karena sudah termaktub di dalam kurikulum
B. Tidak mutlak karena bukan untuk tujuan prestasi dalam berolahraga
C. Boleh dilakaukan asalkan disesuaikan dengan kebijakan yang diambil oleh pimpinan sekolah
D. Harus dilakukan namun disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik, situasi dan kondisi yang ada di sekolah
E. Harus dilakukan walaupun situasi dan kondisi kurang memndukung
21. Suatu aktivitas yang dilakukan dengan sukarela, tanpa paksaan dan dalam waktu luang adalah definisi dari
A. Olahraga
B. Rekreasi
C. Pendidikan jasmani
D. Bermain
E. Pendidikan Olahraga
22. Atletik adalah olahraga yang sangat populer dan mendunia. Terjemahan dari atletik itu sendiri adalah:
A. Track and event
B. Track and Field
C. Action of Show
D. Fitness and Fit
E. Performance show
23. Dilihat dari nomor dan gerak dari atletik sungguh komplek, sehingga atletik disebut juga sebagai Mother of Sport, alasanya adalah karena ....
A. Atletik adalah olahraga yang paling unggul dan bergengsi dimata dunia.
B. Cabang olahraga atletik didalamnya terdiri dari unsur jalan, lari, lompat dan lempar yang kesemuanya merupakan dasar yang diperlukan dalam cabang olahraga lain
C. Merupakan induk dari olahraga tertentu yang yang diperlukan sebagai dasar atau fondasinya
D. Unsur yang ada dalam olahraga atletik merupakan refleksi dari olahraga yang dipertandingkan
24. Kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan yang berarti disebut . . . .
A. kebugaran jasmani
B. ketahanan tubuh
C. daya tahan tubuh
D. kekuatan tubuh
E. kekebalan tubuh
25. Pembelajaran kebugaran jasmani berguna terutama untuk meningkatkan kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan yakni . . .
A. daya tahan kardiovaskular, komposisi tubuh, kelentukan,kekuatan dan daya tahan otot
B. kelentukan persendian, kelincahan, koordinasi dan power
C. kekuatan otot, dayatahan otot, kecepatan, dan keseimbangan
D. daya tahan, kelenturan, kecepatan, kekuatan, dan kelincahan
E. kecepatan, daya ledak, kelincahan, koordinaso, dan keseimbangan.
26. Kemampuan fisik seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-hari ditentukan oleh tingkat kebugaran jasmani individu tersebut. Sedangkan daya ledak (power) ditentukan oleh kemponen kebugaran berupa....
A. kekuatan dan dayatahan otot
B. kekuatan dan kecepatan
C. kekuatan dan kelincahan jasmani
D. kekuatan dan kelentukan
E. kekuatan dan koordinasi
27. Gerak dasar pencak silat adalah suatu gerak terencana, terarah, terkoordinasi dan terkendali, yang mempunyai empat aspek sebagai satu kesatuan, aspek tersebut adalah ...
A. mental spiritual, beladiri, olahraga, dan seni budaya.
B. mental spiritual, beladiri, kebugaran, dan aspek seni budaya
C. mental spiritual, beladiri, olahraga, dan nasionalis
D. mental spiritual, beladiri, olahraga, dan religius
E. mental spiritual, beladiri, olahraga, dan karakter bangsa
28. Komponen kebugaran dikelompokan menjadi dua, yang pertama kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan (physical fitness related health) dan kedua Kebugaran yang berhubungan dengan keterampilan (physical fitness related skill). Berikut ini adalah komponen kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan, kecuali:
A. daya tahan jantung dan paru-paru (cardiorespiratory)
B. komposisi tubuh (body composition)
C. daya tahan otot (muscle endurance)
D. daya ledak (explosive power)
E. Kekuatan otot (muscle streght)
29. Pencak silat sebagai olahraga terlihat pada kompetisi. Aspek olah raga terlihat dari pertandingan dan demonstrasi bentuk-bentuk jurus, baik untuk tunggal, ganda atau regu. Oleh karenannya aspek kebugaran jasmani yang dominan dalam pertandingan pencak silat adalah...
A. kekuatan dan kecepatan
B. daya ledak dan kecepatan
C. kekuatan dan kelentukan
D. daya tahan dan kekuatan
E. kelentukan dan kelincahan
30, Dibawah ini yang bukan teknik serangan dalam bela diri adalah teknik. . . .
A. pukulan
B. guntingan
C. tendangan
D. tangkapan
E. ungkitan
31. Gerakan yang mengharuskan tubuh membentuk tubuh lurus adalah:
A. Kayang dan split
B. Split dan salto
C. Sikap lilin dan guling ke belakang
D. Handstand dan headstand
E. Guling ke depan dan handstand
32. Macam-macam guling adalah kecuali:
A. Guling depan gulung, guling belakang gulung dan guling depang kangkang
B. Guling belakang lurus, guling depan kangkang dan guling depan lurus
C. Guling depan kangkang, guling belakang lurus dan guling depan lurus
D. Guling belakang gulung, guling belakang samping, dan guling depan lurus
E. Guling depan lurus, guling belakang kangkang dan guling belakang gulung
33. Yang termasuk gerakan split pada senam lantai adalah:
A. Split depan dan split samping
B. Split depan dan split belakang
C. Split belakang dan split kangkang
D. Split kangkang dan split depan
E. Split depan dan split belakang
34. Alat yang digunakan dalam senam irama (ritmit) adalah:
A. Tali, gada, pita, bola, tongkat dan pedang
B. Gada, simpai, tongkat, bola, dan pita
C. Topi, tali, tongkat, bola dan pita
D. Bola, simpai, tongkat, tali, dan pedang
E. Tali, gada, bola, pita dan tongkat
35. Mengapa dalam tahapan belajar renang pada setiap gaya urutannya adalah gerakan tungkai terlebih dahulu
A. Agar lebih mudah belajar renang
B. Tungkai merupakan bagian yang paling penting
C. Tungkai merupakan sumber penggerak utama yang memiliki tenaga yang besar tetapi perlu waktu lama untuk dikembangkan
D. Agar tungkai lebih maksimal
E. Semua jawaban benar
36. Faktor-faktor yang dapat mengakibatkan cedera pada waktu berenang adalah, kecuali:
A. Kurangnya pendidikan (lack of education)
B. Kurangnya saran keselamatan (lack of safety advice)
C. Kurangnya perlindungan (lack of protection)
D. Kurangnya pengawasan (lack of supervision)
E. Semua salah
37. Faktor utama yang akan diperhitungkan ketika membentuk rencana tindakan bantuan waktu terjadi kecelakaan dalam renang adalah sebagai berikut:
A. Safety of rescuer (keselamatan penyelamat)
B. Nature of area (daerah)
C. Number of casualties (jumlah korban)
D. Priorities of rescue (prioritas penyelamatan)
E. Semua benar
38. Gaya renang mana yang paling mudah dilakukan adalah:
A. Gaya kupu-kupu dan dada
B. Gaya dada dan bebas
C. Gaya bebas dan kupu-kupu
D. Gaya punggung dan kupu-kupu
E. Gaya kupu-kupu dan punggung
39. Urutan gaya renang yang digunakan pada nomor estafet 4 x 100 m gaya ganti putra adalah
A. gaya punggung, gaya dada, gaya kupu-kupu, dan gaya bebas
B. gaya kupu-kupu, gaya bebas, gaya dada, gaya punggung
C. gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya dada, gaya punggung
D. gaya kupu-kupu, gaya bebas, gaya dada, gaya punggung
E. gaya punggung, gaya kupu-kupu, gaya bebas, gaya dada
40. Langkah pertama dalam pembelajaran renang adalah pengenalan air kepada peserta didik, yang mana yang tidak termasuk dalam langkah-langkah pengenalan air.
A. Menginjak dan bernapas di air
B. Berjalan atau berlari di air
C. Nerjalan dan bernapas di air
D. Mengapung dan bernapas di air
E. Menyelam dan berbalik di air
41. Secara umum, sungguh banyak manfaat pendidikan jasmani di sekolah. diantara manfaat tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. Memenuhi kebutuhan anak akan gerak
B. Mengenalkan anak pada lingkungan dan potensi dirinya
C. Menanamkan dasar-dasar keterampilan olahraga prestasi yang berguna
D. Menyalurkan energi yang berlebihan
E. Merupakan proses pendidikan secara serempak baik fisik, mental maupun emosional
42. Tiga hal penting yang bisa menjadi sumbangan unik dari pendidikan jasmani terhadap individu peserta didik, yaitu:
A. Meningkatkan kebugaran jasmani dan kesehatan peserta didik; Meningkatkan kekayaan penguasaan keterampilan fisik; serta Meningkatkan pengertian peserta didik dalam prinsip-prinsip gerak serta bagaimana menerapkannya dalam praktek
B. Meningkatkan kebugaran jasmani; kesehatan; dan keterampilan peserta didik
C. Meningkatkan kebugaran jasmani; meningkatkan derajat kesehatan; dan kecerdasan peserta didik
D. Meningkatkan kebugaran jasmani; dan kesehatan serta daya tahan kardivakular peserta didik
E. Meningkatkan kebugaran jasmani; dan kesehatan; serta kekuatan peserta didik
43. Secara filosofi dalam pengembangan pembelejaran dan meneliti aspek penting dari penjas, dasar-dasar pemikiran yang perlu menjadi pertimbangan sebagai guru profesional adalah ....
A. Kebugaran dan kesehatan, keterampilan fisik, terkuasainya konsep dan prinsip gerak, kemampuan berpikir, kepekaan rasa, keterampilan sosial, kepercayaan diri dan citra diri (self esteem)
B. Kebugaran dan kesehatan, Keterampilan fisik, Terkuasainya konsep dan prinsip gerak, serta sarana prasarana
C. Keterampilan fisik, terkuasainya konsep dan prinsip gerak, Kemampuan berpikir, Kepekaan rasa, Keterampilan sosial, Kepercayaan diri dan citra diri (self esteem)
D. Kebugaran dan kesehatan, keterampilan fisik, terkuasainya konsep dan prinsip gerak, kemampuan berpikir, kepekaan rasa, keterampilan sosial, dan kompetnsi guru
E. Kebugaran dan kesehatan, keterampilan fisik, terkuasainya konsep dan prinsip gerak, kemampuan berpikir, kemampuan manajemen dan sarana prasarana.
44. Hal penting yang menjadi ciri pembeda uatama antara pendidikan jasmani, dan olahraga antara adalah….
A. Pendidikan jasmani menitik beratkan pada sistem penilaian final score,
sedangkan olahraga kompetitif gain score
B. Pendidikan jasmani memiliki fokus orientasi pada anak (child oriented) sedangkan olahraga kompetitif pada materi latihan (subject oriented)
C. Pendidikan jasmani membentuk individu sesuai dengan kebutuhan fungsional cabang olahraga, sedangkan olahraga kompetitif tidak
D. Olahraga kompetitif selalu dipertandingkan, sedangkan pendidikan jasmani tidak boleh sama sekali ada pertandingan
E. Pendidikan jasmani memiliki fokus orientasi pada gerak (movement), sedangkan olahraga kompetitif orientasi pada cabang olahraga
45. Salah satu tujuan pendidikan jasmani adalah mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk menguasai keterampilan gerak dasar yang akan mendorong partisipasinya dalam aneka aktivitas jasmani. Salah satu contoh bentuk ativitas yang dapat diterapkan untuk implementasi tujuan tersebut adalah:
A. Sebagai anggota tim sepak bola memberikan kontribusi strategi permainan jika instrusikan.
B. Melakukan latihan memanah dengan sungguh-sungguh jika dimasukkan dalam tim panahan
C. Sebagai anggota tim futsal, berpartisipasi aktif, menggunakan keterampilan bermain, menerapkan strategi, dan semangat dalam permainan kasti
D. Melaksanakan sungguh-sungguh kegiatan latihan dalam tim sepak bola bila diamati oleh guru
E. Berpatisipasi aktif dalm kegiatan ektrakurikuler bela diri pencak silat
46. Internasional Olimpic Commite (IOC) mengemukakan nilai-nilai olympiade (olympism) sebagai filosofi, mengandung arti tidak ada pembedaan dalam hal; ras, suku, agama, ideologi & warna kulit, serta merupakan usaha untuk menciptakan perdamaian dunia. Komponen standar yang tidak termasuk sasaran pembentukan moral dalam olympism adalah:
A. Mengutamakan penampilan dan prestasi dalam berkompetisi
B. Kesempurnaan dalam performansi (excellence in performance),
C. Berpartisipasi dengan kegembiraan & kesenangan (joy and pleasure in participation)
D. Rasa hormat terhadap sesama (reshect for other nations, cultures, religions, races and individuals)
E. Pengembangan kualitas manusia (human quality development)
47. Sejatinya olimpism mengandung makna yaitu; living excellence, living respect, dan living friendsip. Ungkapan sistem nilai yang mengandung memiliki maka saling menghargai diri dan orang lain dalam hal: Perbedaan pendapat, Perbedaan keyakinan, Perbedaan keragaman budaya, Perbedaan Suku/ras dan Bangsa, Hak- hak sebagai manusia, dan pencapaian prestasi/kesuksesan seseorang, merupakan implementasi dari makna .....
A. Living excellence
B. Living espectr
C. Living friendsip
D. Visioner
E. Peacefull
48. Ada ungkapan dalam sisitem nilai olimpism yakni; prestasi olahraga bukan yang utama bagi atlet dalam suatu kompetisi, melainkan hasil dari proses keseluruhannya, yaitu terbangunnya kemuliaan diri yang merupakan kombinasi & keseimbangan antara ....
A. Kualitas & keterampilan fisik (skill), sikap/kemauan (attitute), dan kecerdasan pikiran (knowledge) sebagai prinsip dasar hidup
B. Kualitas & keterampilan fisik (skill), sikap/kemauan (attitute), dan kecerdasan pikiran (knowledge) sebagai tujuan hidup
C. Kualitas & keterampilan fisik (skill), sikap/kemauan (attitute), dan kecerdasan pikiran (knowledge) sebagai Pola dasar hidup
D. Kualitas & keterampilan fisik (skill), sikap/kemauan (attitute), dan kecerdasan pikiran (knowledge) sebagai pandangan dasar hidup
E. Kualitas & keterampilan fisik (skill), sikap/kemauan (attitute), dan kecerdasan pikiran (knowledge) sebagai visi misi hidup
49. Pada prinsipnya di dalam melakukan pengembangan bentuk latihan kebugaran jasmani yang akan digunakan pada pembelajaran penjas perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut, kecuali.....
A. Tidak menghilangkan tujuan pembelajaran dan memuat prinsip latihan komponen kebugaran
B. Intensitas tetap mengacu pada 60-80% denyut nadi maksimal sesuai umur
C. Susunan menarik dan sesuai karakteristik siswa
D. Resiko cidera yang minimum, tata cara pelaksanaan mudah dipahami dan dapat dilakukan siswa
E. Intensitas sesekali boleh lebih 80% denyut nadi maksimal sesuai umur
50. Pembelajaran kebugaran jasmani berguna terutama untuk meningkatkan kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan dan keterampilan. Kebugaran yang berkaitan dengan keterampilan yakni ...
A. Kecepatan, daya ledak, kelincahan, koordinasi, dan keseimbangan
B. Dayatahan kardiovaskular, komposisi tubuh, kelentukan, kekuatan dan daya tahan otot
C. Kelentukan persendian, kelincahan, koordinasi dan power
D. Kekuatan otot, dayatahan otot, kecepatan, dan keseimbangan
E. Daya tahan, kelenturan, kecepatan, kekuatan, dan kelincahan
51. Komponen kebugaran dikelompokan menjadi dua, yang pertama kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan (physical fitness related health) dan kedua Kebugaran yang berhubungan dengan keterampilan (physical fitness related skill). Berikut ini adalah komponen kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan, kecuali:
A. Daya tahan jantung dan paru-paru (cardiorespiratory)
B. Komposisi tubuh (body composition)
C. Daya tahan otot (muscle endurance)
D. Daya ledak (explosive power)
E. Kekuatan otot (muscle streght)
52. Olaharaga atletik merupakan induk dari cabang olahraga. Karenanya atletik merupakan olahraga yang sangat populer dan mendunia. Oleh karenanya ateltik diterjemahkan juga sebagai cabang olahraga ....
A. Track and event
B. Track and field
C. Action of show fitness and fit
D. Performance show
E. Track record
53. Dalam pembelajaran teknik berlari seorang guru dapat dilakukan dengan memperkenalkan poin-poin kunci keterampilan yang berkaitan dengan fase- fase (unsur unsur) dalam lomba lari terutama lari sprint. Poin kunci sebagai fase tehnik lari tersebut adalah ....
A. Reaksi, akselerasi, kecepatan maksimum dan pemeliharaan kecepatan
B. reaksi, kecepatan maksimum, akselerasi, dan pemeliharaan kecepatan
C. akselerasi, reaksi, kecepatan maksimum dan pemeliharaan kecepatan
D. reaksi, akselerasi, pemeliharaan kecepatan dan kecepatan maksimum
E. kecepatan maksimum, reaksi, akselerasi, dan pemeliharaan kecepatan
54. Dilihat dari karakteristik seni bela diri pencak silat mengandung aspek; mental spiritual, seni budaya, beladiri, dan olahraga. Pencak silat membangun dan mengembangkan kepribadian dan karakter mulia seseorang meruapakan karakter pada aspek...
A. Mental spiritual
B. Seni budaya
C. Beladiri,
D. Olahraga
E. Mental spiritual dan seni budaya.
55. Pencak silat dari aspek olahraga terlihat pada kompetisi, terlihat dari pertandingan dan demonstrasi bentuk-bentuk jurus, baik untuk tunggal, ganda atau regu. Oleh karenannya aspek kubugaran jasmani yang dominan dalam pertandingan pencak silat adalah...
A. Kekuatan dan kecepatan
B. Kecepatan dan power
C. Kekuatan dan kelentukan
D. Daya tahan dan kekuatan
E. Kelentukan dan kelincahan
56. Empat tujuan pendidikan jasmani yang disampaikan Bucher’s adalah sebagai berikut:
A. Pengembangan fisik, motorik, mental dan sosial
B. Pengembangan motorik, psikis, sosial dan fisik
C. Pengembangan mental, motorik, sosial dan psikis
D. Pengembangan sosial, mental, fisik dan psikis
E. Pengembangan fisik, mental, sosial dan psikis
57. Yang tidak termasuk empat komponen dalam memberikan materi PJOK di sekolah adalah:
A. Komponen organik,
B. Komponen cardiovaskuler
C. Komponen intelektual
D. Komponen sosial
E. Komponen neuromuskuler
58. Yang bukan menjadi tujuan pendidikan jasmani adalah sebagai berikut:
A. Meletakkan landasan karakter yang kuat melalui internalisasi nilai dalam pendidikan jasmani
B. Membangun landasan kepribadian yang kuat, sikap cinta damai, sikap sosial dan toleransi dalam konteks kemajemukan budaya, etnis dan agama
C. Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis melalui tugas-tugas pembelajaran pendidikan jasmani
D. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri, dan demokratis melalui aktivitas jasmani
E. Mengembangkan keterampilan gerak dan keterampilan teknik serta strategi berbagai permainan dan olahraga, sebagai landasan untuk anak dalam meraih prestasi dalam bidang olahraga
59. Gerakan-gerakan berpindahnya seluruh tubuh dari suatu posisi ke posisi lain, dibedakan atas beberapa bahagian, yaitu kecuali:
A. Menggerakkan tubuh secara keseluruhan dengan tumpuan permukaan yang padat
B. Menggerakkan tubuh secara keseluruhan pada suatu alat yang bisa bergerak
C. Menggerakkan tubuh secara keseluruhan pada bidang yang keras
D. Menggerakkan tubuh secara keseluruhan di air
E. Menggerakkan tubuh secara keseluruhan pada bidang yang miring
60. Dua orang anak melakukan gerakan berlari dan salto, Renggo berlari sejauh 10 meter dan Randa melakukan gerakan salto. Gerakan dua orang ini termasuk gerakan:
A. Renggo melakukan gerak diskret dan Randa gerakan serial
B. Renggo melakukan gerak serial dan Randa diskret
C. Renggo melakukan gerak diskret dan Randa gerakan continous
D. Renggo melakukan gerak continous dan Randa gerakan serial
E. Renggo melakukan gerak serial dan Randa gerakan countinous
61. Faktor pribadi yang sangat berhubungan dengan upaya pencapaian keterampilan, faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut.
A. Ketajaman indra, persepsi, dan intelegensi
B. Persepsi, ukuran fisik, dan pengalaman masa lalu
C. Kesanggupan, emosi, dan motivasi,
D. Sikap, kejujuran, jenis kelamin
E. Usia, jenis kelamin, dan ukuran fisik
62. Hasil riset terakhir menyatakan Teaching Game For Understanding (TGFU) adalah model pembelajaran yang cocok diterapkan dalam materi yang tergolong permainan dan olahraga di sekolah. Hal ini dikarenakan, kecuali:
A. Pendekatan TGFU adalah penggunaan taktik-taktik kewaspadaan
B. Pendekatan TGFU fokus pada pengembangan kemampuan permainan
C. Pendekatan TGFU adalah mudah diimplementasikan oleh guru
D. Pendekatan TGFU melibatkan unsur, teknik, taktik dan fisik
E. Pendekatan TGFU sesuai dengan realita gerakan dalam olahraga permainan
63. Yang tidak termasuk pada keterampilan dasar dalam permainan sepakbola adalah:
A. Passing, dribbling, dan shooting
B. Dribbling, heading dan passing
C. Heading, shooting dan dribbling
D. Shooting, dribbling dan passing
E. Shooting, dribbling, dan marking
64. Yang tidak termasuk dalam gerakan senam lantai adalah:
A. Guling, handstand dan meroda
B. Kayang, tigersprong dan lompat tali
C. Sikap lilin, meroda dan kiep
D. Headstand, guling dan kayang
E. Flip-flap, kayang dan tigersprong
65. Olahraga yang tidak termasuk permainan bola besar dan bola kecil adalah:
A. Sepakbola, bolabasket dan hockey
B. Bolavoli, bulutangkis dan tenismeja
C. Bolabasket, sepakbola dan bulutangkis
D. Tenismeja, bolabasket dan bolavoli
E. Sepakbola, bulutangkis dan tenismeja
66. Gaya renang mana yang menjadi dasar untuk belajar ke gaya renang berikutnya
A. Gaya kupu-kupu dan bebas
B. Gaya dada dan punggung
C. Gaya bebas (crawl) dan dada
D. Gaya punggung dan kupu-kupu
E. Semuanya benar
67. Urutan renang gaya ganti perorangan dalam perlombaan adalah:
A. Bebas, dada, punggung, dan kupu-kupu
B. Dada, punggung, bebas, dan kupu-kupu
C. Kupu-kupu, punggung, dada dan bebas
D. Punggung, dada, kupu-kupu dan bebas
E. Bebas, dada, kupu-kupu dan punggung
68. Apa saja tahap pertama yang perlu dilakukan pada saat akan melakukan pertolongan orang tenggelam
A. Pilih alat bantu pelampung yang sesuai
B. Masuk ke air dengan aman secara perlahan
C. Pendekatan dan meyakinkan korban
D. Menjaga jarak aman dari korban dan menjelaskan hal yang akan dilakukan.
E. Semua jawaban benar
69. Mengapa olahraga renang salah satu olahraga yang sangat mendukung untuk pertumbuhan tinggi badan pada masa pertumbuhan dan perkembangan
A. Karena pada saat berenang semua anggota tubuh melakukan pergerakan
B. Karena ada daya dorong tubuh ke atas oleh air
C. Karena dalam berenang menimbulkan kesenangan sehingga baik untuk psikis peserta didik
D. Karena bidang horizontal lebih dominan sehingga lebih memberikan keleluasaan tulang untuk tumbuh
E. Karena aman dari cidera
70. Urutan penyelamatan pertama dan terakhir dalam kecelakaan renang adalah:
A. Shout signal and swim and aid
B. Reach, row and aid
C. Throw and reach
D. Row, swim and aid
E. Reach, swim and aid
Demikianlah postingan tentang Soal Pretest PPG Penjas Orkes 2022 dan Kunci Jawaban, semoga bermanfaat dan sukses selalu dan dimudahkan semuanya hingga lulus PPG tahun ini, aamin.
Silahkan bapak/ibu bookmark atau save halaman posting ini dengan cara tambahkan ke Layar Utama ponsel anda agar bisa diakses langsung dari Layar Utama.
Sebelum admin akhiri postingan ini kami tak henti-hentinya mengajak bpk/ibu untuk terus memberikan dukungan kepada situs JALURPPG.ID dengan cara bagikan atau share postingan ini. Terima kasih. Salam Guru Profesional.