[DOWNLOAD DISINI]

Soal Pretest PPG BK 2023 dan Kunci Jawaban

Soal Pretest PPG BK 2023 dan Kunci Jawaban

Assalamualaikum, salam sukses bpk/ibu guru pejuang Gr., pada postingan kali ini admin bagikan Soal Pretest PPG BK 2023 dan Kunci Jawaban, soal ini dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga sangat cocok digunakan untuk persiapan mengikuti seleksi akademik (Pretest).

Sebenarnya Soal Pretest ini terdiri dari banyak soal, karena keterbatasan waktu admin hanya share beberapa soal dan akan diperbarui di lain waktu, doain admin sehat selalu hehe. Berikut ini admin bagikan Soal Pretest PPG BK 2023 dan Kunci Jawaban:

1. Peserta didik sekolah menengah berada pada masa remaja. Pada masa ini perkembangan fisik berjalan sangat cepat dengan ditandainya ciri- ciri primer dan skunder. Di bawah ini yang merupakan ciri-ciri skunder pada remaja adalah ...............

a. Menstruasi pada remaja wanita

b. Mimpi basah pada remaja laki laki

c. Tumbuhnya jakun pada remaja laki-laki dan wanita

d. Perubahan suara menjadi semakin rendah-besar pada remaja laki- laki


2. Tina merupakan siswa kelas X di SMA Melati jurusan IPA, Sebenarnya Tina lebih suka jurusan Bahasa karena nanti Tina ingin menjadi seorang transleter profesional dengan kemampuan yang dimiliki, Tina masuk jurusan IPA karena mengikuti saran orang tua dan tidak ingin mengecewakan orang tua. Berdasarkan cerita tersebut, apa yang dialami oleh Tina?

a. Identity Achievement

b. Identity Diffusion

c. Identity Foreclosure

d. Identity Moratorium


3. Menurut Kohlberg tahap perkembangan moral pada usia remaja masuk pada tahap?

a. Pra Konvensional

b. Konvensional

c. Konservasi

d. Pasca Konvensional


4. Profil perkembangan agama peserta didik SMP dibawah ini yang paling tepat adalah:

a. Mengenali eksistensi sifat kemurahan dan keadilan Tuhan mulai dipertanyakan secara kritis dan skeptis

b. Mulai menemukan pegangan hidup yang definitif

c. Percaya bahwa Tuhan itu Ada tetapi tidak mau menjalankan perintahnya

d. Penghayatan  kehidupan  kegamaan  sehari-hari  dilakukan  atas pertimbangan iman dan taqwa


5. Profil Perkembangan intelektual SMA di bawah ini yang benar adalah

a. Kecakapan dasar khusus (bakat) mulai menunjukkan kecenderungan-kecenderungan lebih jelas

b. Kecakapan dasar umum (general intellegence) menjalani laju perkembangan yang terpesat

c. Sudah mampu mengoperasikan kaidah -kaidah logika formal

d. Mampu membuat generalisasi yang lebih konklusi dan komprehensif


6. Pemahaman terhadap tugas-tugas perkembangan sangat berguna bagi pengembangan progam BK karena ...........

a. Menjadi kriteria keberhasilan layanan bimbingan dan konseling

b. Membantu dalam menemukan dan menentukan tujuan progam BK,

c. Menentukan kapan waktu upaya bimbingan dapat dilakukan.

d. Semua jawaban benar


7. Kemampuan Remaja dalam mengambil keputusan merubahan sebuah hasil dari proses ............

a. Bersikap

b. Bertindak

c. Berfikir

d. Tidak ada jawaban yang benar


8. Peserta didik memperoleh pemaknaan, internalisasi atas standar kompetensi yang harus dikuasai sebagai bagian dari kemampuan dirinya pengertian internalisasi tujuan ...................

a. Pengenalan

b. Akomodasi

c. Tindakan

d. Berfikir


9. Riko merupakan remaja yang suka menolong temanya yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran dan kegiatan sosial. Pribadi Riko yang ramah, peduli membuat dia disukai teman-temanya. Apa yang dicerminkan oleh Riko dalam SKKPD merupakan capaian aspek perkembangan.........................

a. Kematangan Emosi

b. Kematangan Intelektual

c. Landasan Perilaku Etis

d. Kesadaran Tanggung Jawab Sosial.


10.  Menurut Kohlberg tahap perkembangan moral pada usia remaja masuk pada tahap?

a. Pra Konvensional

b. Konvensional

c. Konservasi

d. Pasca Konvensional


11. Konseli memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Perbedaan karakteristik konseli juga akan berpengaruh pada kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Untuk membantu konseli memenuhi kebutuhannya, guru BK perlu melakukan asesmen kebutuhan. Guru BK dapat melakukan asesmen kebutuhan dalam dua teknik, yaitu ......

a. Tes dan observasi

b. Inventory dan skala psikologis

c. Tes dan non tes

d. Tes psikologis dan non tes


12. Memberikan informasi tentang efektivitas progam sehingga dapat mengoptimalkan hasil, efisiensi, dan kualitas merupakan tujuan dilakukannya:

a. Evaluasi

b. Tes

c. Non Tes

d. Pengukuran


13. Perhatikan beberapa pernyataan dibawah ini:

1) Salah satu metode pengumpul data

2) Terstandar

3) Alat ukur yang objektif

4) Alat untuk menyimpulkan

Berdasarkan pernyataan di atas, manakah pernyataan yang tepat mengenai pengertian tes psikologi?

a. 1), 2) dan 4)

b. 2), 3), dan 4)

c. 1), 2) dan 3)

d. Semua jawaban benar


14. Jenis tes intelegensi yang digunakan untuk mengukur anak anak usia 5 – 11 tahun adalah.

a. Tes The Standard Progressive Matrices (SPM)

b. Tes The Colored Progressive Matrices (CPM)

c. Tes The Advanced Progressive Matrices (APM)

d. Tes The Middle Progressive Matrices (MPM)


15. Tes intelegensi yang dikembangkan oleh David Wechsler digunakan untuk orang dewasa adalah...

a. Tes WISC

b. Tes CFIT

c. Tes SPM

d. Tes WAIS


16. Observer tidak bisa melakukan observasi hanya secara tiba-tba dan tanpa perencanaan yang jelas, harus jelas apa tujuannya, bagaimana karakteristiknya, gejala-gejala apa saja yang perlu diamati, model pencatatannya, analisisnya, dan pelaporan hasilnya. Oleh karena itu observasi harus dilakukan secara :

a. Bertujuan dan tepat

b. Sistematis dan cermat

c. Sistematis dan bertujuan

d. Cermat dan tepat


17. Observee bisa jadi tidak mengetahui bahwa mereka sedang diobservasi, sehingga perilaku yang nampak diharapkan wajar atau tidak dibuat-buat merupakan kelebihan dari observasi yang dilakukan secara:

a. Partisipan

b. Kuasi Partispan

c. Non Partisipan

d. Alami


18. Wawancara sebagai alat untuk mengumpulkan data yang tidak bisa dilakukan dengan metode lain, maka wawancara berfungsi sebagai...

a. Metode pelengkap

b. Metode primer

c. Metode kriterium

d. Metode tersier


19. Sosiometri ditujukan untuk meneliti hubungan antara anggota kelompok dengan anggota lainnya dalam suatu kelompok. Dengan demikian sosiometri dapat digunakan untuk hal-hal berikut ini:

a. Mengetahui popularitas seseorang dalam kelompok

b. Menyelidiki kesukaan seseorang

c. Menyelidiki perilaku anggota kelompok

d. Menyelidiki ada tidaknya sikap dalam kelompok


20. Angket dan skala psikologis pada hakekatnya merupakan jenis instrumen yang berbeda, namun sering dianggap sama oleh sebagian oranc. Perbedaan angket dan skala psikologis terletak pada:

a. Data yang diungkap angket berupa konstrak psikologis, sedangkan skala psikologis mengungkap data faktual

b. Hasil data angket perlu dilakukan uji reliabilitas, sedangkan hasil data skala psikologis bisa langsung digunakan

c. Angket bisa digunakan untuk mengungkap banyak hal, sedangkan skala psikologis hanya mengungkap satu atribut tunggal

d. Angket digunakan untuk mengukur aspek afektif, sedangkan skala psikologis digunakan untuk mengukur aspek kognitif.


21. Pak Rudi sudah mengabdi menjadi guru BK selama 15 tahun, sebagai guru BK yang kekinian, pak Rudi selalu mengikuti perubahan jaman, awalnya pak Rudi memberikan layanan secara konvensional, sekarang beliau sudah memberikan layanan yang berbasis teknologi Informasi. Kemampuan Pak Rudi dalam pemanfaatan TI merupakan kompetensi:

a. Pribadi

b. Akademik

c. Sosial

d. Profesional


22. Contoh aplikasi online yang bisa dimanfaatkan oleh guru BK secara free dalam melakukan asesmen diantaranya adalah adalah :

a. Survey monkey

b. Qualtrics

c. Job Street.com

d. Google form


23. Ketika guru BK ingin melakukan asesmen berbasis TI dengan memanfaatkan media online misalnya pemanfaatan google form, survey monkey atau yang lainnya, hal dasar yang harus perhatikan terlebih dahulu oleh guru BK?

a. Memiliki akun gmail

b. Mampu membuat desainya

c. Menyiapkan intrumennya

d. Mampu membuat link dan menyebarkan ke siswa


24. Guru BK ingin melakukan need asesmen dengan aplikasi online sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya. Atas dasar tersebut maka yang dilakukan guru BK adalah:

a. Nirkertas

b. Ekonomis

c. Lebih efektif

d. Mempersingkat waktu


25. Bu susan sudah melakukan need assesmen berbasis online, menurut bu Susan dengan online asessmen maka turut membantu melestarikan lingkungan. Atas dasar tersebut yang dilakukan oleh guru BK adalah:

a. Nirkertas

b. Lebih efektif

c. Mempersingkat waktu

d. Ekonomis


26. Hasil asesmen kebutuhan peserta didik menunjukan sekitar 15% peserta didik mengalami masalah yang harus segera diselesaikan. Sarana yang mendesak harus segera disiapkan guru bimbingan dan konseling atau konselor adalah:

a. Alat assessment

b. Ruang konseling

c. Laporan tes psikologi

d. Alat rekam dan sound system


27. Yang bukan termasuk aspek perkembangan sebagai dasar perumusan kebutuhan peserta didik untuk penyusunan program bimbingan adalah:

a. Landasan perilaku etis

b. Kematangan emosional

c. Perkembangan pribadi-sosial

d. Kesadaran tangung jawab


28. Identifikasi masalah konseling menunjukan data sebagai berikut.

1. Konseli belajar jika ada ulangan,

2. Mengerjakan PR jika disuruh

3. Lebih suka lihat media sosial dibanding belajar

Atas dasar tersebut yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling adalah:

a. Mengirim konseli ke dokter

b. Berharap guru mata pelajaran memberikan remidi

c. Membantu siswa meregulasi cara belajarnya

d. Memanggil orang tua untuk konseling


29. Hasil asesmen kebutuhan peserta didik menunjukan sekitar 75 % peserta didik membutuhkan keterampilan mencari kerja online. Bidang Layanan yang penting dan mendesak harus segera disiapkan guru bimbingan dan konseling adalah:

a. Pribadi

b. Sosial

c. Karir

d. Belajar


30. Hasil identifikasi peserta didik dalam satu kelas adalah

1. Siswa grogi bicara di depan umum

2. Pasif dalam dikusi

3. Bertanya jika ditunjuk

Atas dasar kebutuhan di atas maka yang dilakukan oleh guru BK adalah

a. Melakukan konseling

b. Memberikan materi tips percaya diri

c. Memberikan keterampilan asertif

d. Memaksa dia untuk berbicara di depan kelas setiap hari


31. Berdasarkan pada soal tersebut, layanan apa yang harus diprioritaskan?

a. Layanan Responsif

b. Layanan Dasar

c. Layanan peminatan dan Perencanaan individual

d. Dukungan sistem


32. Urutan layanan yang perlu diproritaskan berdasarakan kebutuhan peserta didik di atas adalah?

a. Layanan responsive – layanan dasar – layanan Peminatan dan perencanaan individual – dukungan sistem

b. Layanan dasar- layanan peminatan dan perencanaan individual – layanan responsive dan dukungan system

c. Layanan peminatan dan perencanaan individual – layanan dasar –

Layanan responsive

d. Dukungan sistem – layanan dasar – layanan responsif


33. Prasarana yang mendesak untuk segera dipenuhi agar progam BK bisa berjalan dengan optimal adalah?

a. Ruang konseling

b. Inventori studi habit

c. Inventori tugas perkembangan

d. sosiemetri


34. Aspek perkembangan dalam Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik yang paling dibutuhkan adalah

a. Pengembangan pribadi

b. Berperilaku etis

c. Kematangan emosi

d. Kematangan karier


35. Dasar untuk menentukan tujuan progam BK yang paling penting untuk diperhatikan oleh guru BK adalah?

a. Kebutuhan peserta didik

b. Masalah peserta didik

c. Kebutuhan lingkungan

d. a dan c benar


36. Ani merupakan salah satu siswa yang berprestasi di sekolahnya, setelah lulus SMP dia ingin melanjutkan ke SMA hanya saja orang tua Ani mengharapkan Ani untuk bekerja saja. Sedangkan berdasarkan pada analisis kebutuhan yang dikerjakan oleh Ani hasilnya adalah 75% ani ingin mengetahui bakat dan minat serta potensi yang dimilikinya. Berdasarkan hal tersebut bidang dan komponen layanan yang perlu segera diberikan oleh guru BK untuk Ani adalah:

a. Bidang pribadi dan layanan responsif

b. Bidang belajar dan layan dasar

c. Bidang karier dan layanan responsif

d. Bidang karier dan layanan peminatan dan perencanaan individual


37. Arah yang ingin atau hendak dicapai dari penyelenggaraan bimbingan dan konseling yang telah direncanakan oleh guru BK merupakan pemahaman tentang?

a. Sasaran layanan

b. Tujuan layanan

c. Progam layanan

d. Semua jawaban benar


38. Bu jatmiko sudah menjadi guru BK selama 5 tahun, siswa yang dilayani bu jatmiko ada 450 siswa, bu jatmiko sudah berusaha untuk menginformasikan kepada sekolah bahwa perlu ditambah guru BK karena kertabatasan anggaran sekolah maka sekolah belum menyetujuinya. Banyaknya beban kerja yang harus dihadapi bu jatmiko setiap hari membuat bu jatmiko tidak hanya melakukan copy paste progam BK dari tahun ke tahun. Menurut saudara apa yang dilakukan oleh bu Jatmiko adalah:

a. Benar, karena tugas perkembangan siswa yang dilayani pada dasarnya sama

b. Salah, karena kebutuhan peserta didik tidak bisa disamakan setiap tahunnya

c. Benar, karena tugas sebagai Guru BK itu banyak sehingga untuk efisiensi waktu

d. Salah, karena menyalahi kode etik


39. Sejalan dengan misi satuan pendidikan kejuruan (SMK), maka bidang bimbingan karier utamanya dikonsentrasikan pada:

a. Latihan kerja melalui magang dan karier alternatif

b. Perolehan kesadaran akan pekerjaan dan karier

c. Pemahaman akan dunia kerja dan syaratnya

d. Pengambilan keputusan karier di masa depan


40. Berdasarkan pada hasil wawancara ditemukan kondisi siswa menjadi malas belajar, mengantuk dikelas disebabkan oleh keadaan dimana siswa mengkomsumsi narkoba. Sesuai kode etik profesi konselor, maka tindakan guru BK yang tepat adalah:

a. Memberitahukan orantua anaknya kecanduan obat terlarang

b. Menyadarkan konseli untuk memperoleh bantuan ahli

c. Melaporkan kepada kepala sekolah

d. Mengkonsultasikan masalah kepada BNN


41. Rika merupakan siswa kelas XII di SMA Mawar jurusan IPS, Sudah mau lulus Rika belum menentukan apakah mau melanjutkan atau kerja, Rika juga belum tahu sebenarnya potensi yang dimilikinya itu apa, dia selama ini sekolah hanya sekedar sekolah tanpa ada tujuan yang jelas. Berdasarkan cerita tersebut, apa yang dialami oleh Tina?

a. Identity Achievement

b. Identity Diffusion

c. Identity Foreclosure

d. Identity Moratorium


42. Peserta didik sekolah menengah berada pada masa remaja. Pada masa ini perkembangan fisik berjalan sangat cepat dengan ditandainya ciri- ciri primer dan skunder. Di bawah ini yang merupakan ciri-ciri skunder pada remaja adalah ...............

a. Perubahan suara menjadi semakin rendah-besar pada remaja laki- laki

b. Mentruasi pada remaja wanita

c. Mimpi basah pada remaja laki laki

d. Tumbuhnya jakun pada remaja laki-laki dan wanita


43. Riko merupakan remaja yang suka menolong temanya yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran dan kegiatan sosial. Pribadi Riko yang ramah, peduli membuat dia disukai teman-temanya. Apa yang dicerminkan oleh Riko dalam SKKPD merupakan capaian aspek perkembangan.........................

a. Kematangan Emosi

b. Kematangan Intelektual

c. Kesadaran Tanggung Jawab Sosial.

d. Landasan Perilaku Etis


44. Angga merupakan anak yang rajin belajara di kelasnya. Sejak SD sampai sekarang di SMA kelas XI Angga selalu peringkat tiga besar, banyak teman-teman yang belajar dengan dia, bagi Angga belajar merupakan pintu menguasai dunia. Berdasarkan cerita tersebut maka Angga ......

a. mampu berfikir ilmiah

b. mampu membuat kesimpulan ide-ide yang abstrak secara logis

c. mampu melihat kenyataan dan berfikir kemungkinan-kemungkinan

d. mampu memutuskan masa depan


45. Profil Perkembangan intelektual SMP di bawah ini yang benar adalah

a. Tercapainya kedewasaan intelektual umum

b. Sudah mampu mengoperasikan kaidah -kaidah logika formal

c. Kecakapan dasar umum (general intellegence) menjalani laju perkembangan yang terpesat

d. Kecenderungan bakat tertentu mencapai titik puncak dan kemantapan


46. Peserta didik memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang aspek dan tugas perkembangan merupakan pengertian internalisasi tujuan ....

a. Penyadaran

b. Akomodasi

c. Tindakan

d. Berfikir


47. Dila merupakan remaja yang sangat mengharagai keragaman, dia selalu menghormati dan menghargai setiap perbedaan pendapat yang terjadi saat diskusi. Menurutnya perbedaan bukan merupakan alasan untuk pemecah tetapi mempererat persatuan. Sikap Dila membuat dila sangat disukai oleh teman-temanya. Apa yang dicerminkan oleh Dila dalam SKKPD merupakan capaian aspek perkembangan.........................

a. Kematangan Emosi

b. Kematangan Intelektual

c. Kesadaran Tanggung Jawab Sosial.

d. Landasan Perilaku Etis


48. Konseli memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Perbedaan karakteristik konseli juga akan berpengaruh pada kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Untuk membantu konseli memenuhi kebutuhannya, konselor perlu melakukan asesmen kebutuhan. Konselor dapat melakukan asesmen kebutuhan dalam dua teknik, yaitu ......

a. Tes dan observasi

b. Inventory dan skala psikologis

c. Tes dan non tes

d. Tes psikologis dan non tes


49. Jenis tes intelegensi yang digunakan untuk mengukur anak anak usia 5– 11 tahun adalah.

a. Tes The Standard Progressive Matrices (SPM)

b. Tes The Colored Progressive Matrices (CPM)

c. Tes The Advanced Progressive Matrices (APM)

d. Tes The Middle Progressive Matrices (MPM)


50. Observer tidak bisa melakukan observasi hanya secara tiba-tiba dan tanpa perencanaan yang jelas, harus jelas apa tujuannya, bagaimana karakteristiknya, gejala-gejala apa saja yang perlu diamati, model pencatatannya, analisisnya, dan pelaporan hasilnya. Oleh karena itu observasi harus dilakukan secara:

a. Sistematis dan bertujuan

b. Bertujuan dan tepat

c. Sistematis dan cermat

d. Cermat dan tepat


51. Angket dan skala psikologis pada hakekatnya merupakan jenis instrumen yang berbeda, namun sering dianggap sama oleh sebagian oranc. Perbedaan angket dan skala psikologis terletak pada:

a. Data yang diungkap angket berupa konstrak psikologis, sedangkan skala psikologis mengungkap data faktual

b. Hasil data angket perlu dilakukan uji reliabilitas, sedangkan hasil data skala psikologis bisa langsung digunakan

c. Angket digunakan untuk mengukur aspek afektif, sedangkan skala psikologis digunakan untuk mengukur aspek kognitif.

d. Angket bisa digunakan untuk mengungkap banyak hal, sedangkan skala psikologis hanya mengungkap satu atribut tunggal


52. Bu Eko sudah mengabdi menjadi guru BK selama 10 Tahun, sebagai guru BK yang kekinian, pak Bu Eko selalu mengikuti perubahan jaman, awalnya pak Eko memberikan layanan secara konvensional, sekarang beliau sudah memberikan layanan yang berbasis teknologi Informasi. Kemampuan Pak Eko dalam pemanfaatan TI merupakan kompetensi:

a. Profesional

b. Pribadi

c. Akademik

d. Sosial


53. Contoh aplikasi online yang bisa dimanfaatkan oleh guru BK secara free dalam melakukan asesmen diantaranya adalah adalah:

a. Survey monkey

b. Qualtrics

c. Job Street.com

d.  Google form


54. Hal dasar yang harus perhatikan terlebih dahulu oleh guru BK Ketika guru BK ingin melakukan asesmen berbasis TI dengan memanfaatkan media online adalah ?

a. Menyiapkan intrumennya

b. Memiliki akun email

c. Mampu membuat desainya

d. Mampu membuat link dan menyebarkan ke siswa


55. Hasil asesmen kebutuhan peserta didik menunjukan sekitar 88 % peserta didik membutuhkan keterampilan manajemen konflik di satu sisi semua siswa membutuhkan informasi tentang membuat cv dan melamar pekerjaan. Bidang Layanan yang penting dan mendesak harus segera disiapkan guru bimbingan dan konseling adalah:

a. Pribadi dan karier

b. Sosial dan karir

c. Karier dan Sosial

d. Belajar dan karier


56. Hasil asesmen kebutuhan peserta didik menunjukan sekitar 15% peserta didik mengalami masalah yang harus segera diselesaikan. Sarana yang mendesak harus segera disiapkan guru bimbingan dan konseling atau konselor adalah:

a. Alat asesmen

b. Ruang konseling

c. Laporan tes psikologi

d. Alat rekam dan sound system


Soal untuk no 57 – 61 perhatikan uraian dibawah ini!

Berdasarkan identifikasi kebutuhan menunjukkan bahwa 52% siswa membutuhkan informasi mengenai studi lanjut dan informasi pekerjaan, semua siswa membutuhkan pemahaman tentang menerima keadaan diri sendiri positif dan secara realistis dan 15% bergaul dengan teman sejawat secara positif, serta belum tersedianya alat bantu yang terstadarisasi dan ruang BK masih menjadi satu dengan ruang Guru.


57. Berdasarkan pada soal tersebut, layanan apa yang harus diprioritaskan dan mendesak untuk diberikan adalah?

a. Layanan Responsif

b. Layanan Dasar

c. Layanan peminatan dan Perencanaan individual

d. Dukungan sistem


58. Urutan layanan yang perlu diproritaskan berdasarakan kebutuhan peserta didik di atas adalah?

a. Layanan responsive – layanan dasar – layanan Peminatan dan perencanaan individual – dukungan sistem

b. Layanan peminatan dan perencanaan individual – layanan dasar –

Layanan responsif

c. Layanan dasar- layanan peminatan dan perencanaan individual –dan dukungan sistem

d. Dukungan sistem – layanan dasar – layanan responsif


59. Prasarana yang mendesak untuk segera dipenuhi agar progam BK bisa berjalan dengan optimal adalah?

a. Ruang konseling

b. Inventori studi habit

c. Sosiemetri

d. Inventori tugas perkembangan


60. Sarana yang mendesak untuk dimiliki oleh guru BK adalah

a. Ruang BK

b. Ruang Konseling

c. Ruang Arsip

d. Ruang Bimbingan Kelompok


61. Aspek perkembangan dalam Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik yang paling dibutuhkan adalah

a. Pengembangan pribadi

b. Berperilaku etis

c. Kematangan emosi

d. Kematangan karier


62. Dasar untuk menentukan tujuan progam BK yang paling penting untuk diperhatikan oleh guru BK adalah?

a. Kebutuhan peserta didik

b. Masalah peserta didik

c. Kebutuhan lingkungan

d. a dan c benar


63. Ani merupakan salah satu siswa kelas IX yang berprestasi di sekolahnya, setelah lulus SMP dia ingin melanjutkan ke SMA hanya saja orang tua Ani mengharapkan Ani untuk bekerja saja. Sedangkan berdasarkan pada analisis kebutuhan yang dikerjakan oleh Ani hasilnya adalah 90 % ani ingin mengetahui bakat dan minat serta potensi yang dimilikinya. Berdasarkan hal tersebut bidang layanan yang perlu segera diberikan oleh guru BK untuk Ani adalah:

a. Bidang pribadi

b. Bidang belajar

c. Bidang karier

d. Bidang sosial


64. Pak Rudi adalah guru BK di SMA saat ini melakukan seleksi peminatan untuk membantu siswa memperoleh minat pada matapelajaran yang disukai, ternyata hasil dari asesmen pak Rudi menemukan ada perbedaan hasil antara angket minat dan bakat yang dimiliki oleh siswanya. Rumuskanlah langkah yang dilakukan selanjutnya….

a. Menentukan berdasarkan rekomendasi orang tua

b. Melakukan assesmen tambahan untuk melengkapi data

c. Memutuskan berdasarkan minat kerena lebih menentukan karir

d. Memutuskan berdasarkan kuota yang tersedia


65. Bu Lusi sudah melakukan need assesmen berbasis online, menurut bu Lusi dengan online asessmen maka turut membantu melestarikan lingkungan. Atas dasar tersebut yang dilakukan oleh guru BK adalah:

a. Lebih efektif

b. Mempersingkat waktu

c. Nirkertas

d. Ekonomis


66. Dalam melaksanakan peminatan SMP, guru BK mengadakan tes psikologis untuk membantu peserta didik dalam memilih jurusan yang sesuai. Untuk menghemat biaya tes guru tersebut meminjam buku tes dari guru BK yang telah mendapatkan sertifikat. Kemungkinan dampak yang akan terjadi bila guru BK mengambil langkah ini...

a. Hasil tes tidak dapat dipertanggung jawabkan karena dilakukan oleh guru yang tidak memiliki kewenangan.

b. Tindakan ini bisa dijadikan saran untuk diikuti guru BK dari sekolah lain

c. Hal itu bisa dilakukan karena bertujuan untuk membantu siswa dalam pemilihan jurusan

d. Tindakan tersebut dibolehkan selama hasilnya tetap dirahasiakan


67. Banyak peserta didik yang bingung memilih studi lanjut atau kerja setelah lulus SMA. untuk membantu peserta didik memahami diri Kegiatan assesmen yang dilakukan oleh guru BK adalah...

a. Menganalisis buku pribadi, angket peminatan dan prestasi akademik

b. Menganalisis hasil tes bakat minat, angket pemintan dan prestasi akademik

c. Menganalisis portofolio prestasi akademik dan non akademik

d. Menganalisis portofolio prestasi akademik dan tes kepribadian


68. Hasil assemen seorang siswa, tidak memiliki teman akrab untuk belajar 45%, merasa kesepian 30%, dan tidak senang berada di rumah 25%. Layanan yang dikembangkan….

a. Kesadaran dan tanggung jawab sosial

b. Membina hubungan dengan teman sebaya

c. Pengembangan diri

d. Kematangan emosi


69. Guru BK ingin melakukan penilain terhadap siswa tentang sikap belajar setelah melaksanakan layanan. Instrument yang digunakan ialah…

a. Observasi

b. Angket

c. Wawancara

d. Studi dokumenter


70. Assemen untuk mengetahui kebutuhan lingkungan dalam memahami kebutuhan peserta didik yang paling tepat adalah…

a. Angket, wawancara, inventori

b. Studi dokumentasi, wawancara, observasi

c. Sosiodrama, wawancara dan obsevasi

d. Semua jawaban benar


Demikianlah postingan tentang Soal Pretest PPG BK 2023 dan Kunci Jawaban, semoga bermanfaat dan sukses selalu dan dimudahkan semuanya hingga lulus PPG tahun ini, aamin. 

Silahkan bapak/ibu bookmark atau save halaman posting ini dengan cara tambahkan ke Layar Utama ponsel anda agar bisa diakses langsung dari Layar Utama. 

Sebelum admin akhiri postingan ini kami tak henti-hentinya mengajak bpk/ibu untuk terus memberikan dukungan kepada situs JALURPPG.ID dengan cara bagikan atau share postingan ini. Terima kasih. Salam Guru Profesional.