KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN
Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Produksi Tanaman - Dalam rangka Pelaksanaan Uji Kompetensi Nasional Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Dalam Jabatan 2019 untuk Uji Pengetahuan 2019 untuk melihat pengumuman silahkan akses link http://ukmppg.ristekdikti.go.id
Untuk menghadapi Ujian Pengetahuan (UP) 2019, Peserta PPG harus mempersiapkan diri agar bisa lulus dan mendapatkan sertifikat pendidik tahun ini, salah satu yang perlu dipersiapkan sebelum ujian yaitu mengetahui kisi-kisi Ujian Pengetahuan. Berikut ini Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Produksi Tanaman berdasarkan capaian pembelajaran dan indikator esensialnya.
Capaian Pembelajaran
Indikator Esensial
Mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif mengenai keprofesian guru agribisnis produksi tanaman
Disajikan narasi tentang profesi guru, peserta menganalisis prinsip dan konsep profesi keguruan berdasarkan peraturan perundang-undangan dalam narasi tersebut
Mengkreasi pendekatan dan strategi pembelajaran yang menerapkan konsep TPACK (tecnho-pedagogical content knowledge) dalam perencanaan kurikulum pembelajaran dan penilaian
Disajikan narasi tentang kegiatan dalam mata pelajaran kultur jaringan, peserta dapat menentukan model, metode atau strategi yang digunakan untuk mendukung siswa menguasai materi pembelajaran
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan narasi sarana dan prasaran yang dimiliki Laboratorium dan karakteristik materi ajar, peserta dapat menerapkan model, metode pembelajaran dan asesmen yang sesuai
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan narasi tentang materi budidaya tanaman pangan dan hortikultura, peserta dapat menentukan kesesuaian materi ajar dengan tingkat perkembangan dan lingkungan siswa
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan narasi tentang kompetensi dasar agribisnis tanaman hortikultura/pangan/perkebunan, peserta dapat menentukan materi yang berhubungan dengan kompetensi dasar
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan narasi tentang kompetensi inti yang harus dimiliki siswa SMK Pertanian, peserta dapat menyusun kompetensi dasar untuk mata pelajaran budidaya tanaman pangan dan hortikultura
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan materi pokok dalam silabus mata pelajaran tertentu dan kondisi sarana prasaran, peserta dapat menentukan media pembelajaran yang tepat
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan narasi tentang capaian pembelajaran mata pelajaran tertentu, peserta menentukan materi pokok kegiatan pembelajaran yang tepat
Menerapkan penelitian pendidikan dalam menjalani profesi guru untuk peningkatan kualitas pembelajaran agribisnis produksi tanaman.
Disajikan narasi permasalahan pembelajaran siswa, peserta dapat menentukan judul penelitian tindakan kelas dengan tepat
Menerapkan penelitian pendidikan dalam menjalani profesi guru untuk peningkatan kualitas pembelajaran agribisnis produksi tanaman.
Disajikan narasi permasalahan pembelajaran siswa, peserta dapat menyusun tujuan dan hipotesis penelitian tindakan kelas dengan tepat
Mengkreasi jenis-jenis media dan sumber pembelajaran yang efektif dalam bidang kejuruan agribisnis produksi tanaman
Disajikan narasi tentang karakteristik lahan untuk konversi lahan pertanian organik, peserta dapat mengumpulkan data tentang suatu lahan dari berbagai sumber media pembelajaran. dengan pertimbangan historis, sosiologis, empiris, teknologis, dan psikologis, serta konteks lingkungan hidup
Mengkreasi jenis-jenis media dan sumber pembelajaran yang efektif dalam bidang kejuruan agribisnis produksi tanaman
Disajikan narasi tentang karakteristik lahan untuk konversi lahan pertanian organik
Peserta dapat mengevaluasi media pembelajaran yang digunakan untuk konversi lahan
Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam melaksanakan tugas profesional dan mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif
Disajikan narasi tentang konsep pemasaran. Peserta dapat menerapkan TIK pada media pembelajaran tentang bauran pemasaran hasil pertanian
Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam melaksanakan tugas profesional dan mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif
Disajikan narasi tentang pentingnya merencanakan strategi pemasaran Peserta dapat menggunakan TIK untuk merancang berbagai model strategi pemasaran.
Menyusun materi ajar yang didasari atas kebutuhan dan karakteristik peserta didik
Studi kasus tentang penerapan budidaya tanaman organik oleh petani. peserta dapat mengkreasikan materi ajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan prinsip-prinsip pertanan organik
Menyusun materi ajar yang didasari atas kebutuhan dan karakteristik peserta didik
Disajikan narasi tujuan pembelajaran tentang penerapan budidaya tanaman secara organik. Peserta dapat merancang evaluasi materi ajar sesuai dengan kebutuhan tujuan pembelajaran.
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan narasi permasalahan pembelajaran mengenai lingkungan produk pertanian., peserta dapat menyusun sintaks pembelajaran dalam melakukan audit lingkungan internal dan eksternal dari produk pertanian
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Peserta dapat merancang indikator yang digunakan pada pelaksanaan pembelajaran audit lingkungan.
Merancang model penilaian dan evaluasi pembelajaran yang bersifat autentik-holistik yang dapat digunakan sebagai instrumen dalam mengukur ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat meeningkatkan kualitas pembelajaran agribisnis produksi tanaman
Disajikan kasus tentang berbagai usaha produksi tanaman dan profil usaha yang berhasil dan belum berhasil. peserta dapat menyusun berbagai kriteria yang tepat dan sistematis untuk melakukan penilaian pada kasus tersebut
Merancang model penilaian dan evaluasi pembelajaran yang bersifat autentik-holistik yang dapat digunakan sebagai instrumen dalam mengukur ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat meeningkatkan kualitas pembelajaran agribisnis produksi tanaman
Peserta dapat melakukan evaluasi penilaian untuk menganilisis faktor resiko dalam usaha pertanian
Membuat rencana produksi tanaman tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menetapkan jenis komoditas tanaman yang akan ditanam berdasarkan syarat tumbuh tanaman dengan tepat
Membuat rencana produksi tanaman tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu memilih cara olah tanah sesuai komoditas terpilih berbasis kesesuaian lahan dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis perbanyakan tanaman secara vegetative alami dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalis perbanyakan tanaman secara vegetative buatan dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis perbanyakan tanaman secara konjugasi, isogami, dan anisogami dengan tepat
Membuat rencana produksi tanaman tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu memilih pola tanam yang tepat untuk komoditas yang akan di tanam dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis perbanyakan tanaman secara kultur jaringan dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis prinsip-prinsip pembiakan generatif dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis prosedur kerja persemaian tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu merancang kebutuhan sarana produksi untuk kegiatan agribisnis tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis penanaman tanaman serealia dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis penanaman tanaman umbi- umbian dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis penanaman tanaman hortikultura dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menghitung kebutuhan air tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta dapat menghitung kebutuhan pupuk tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menentukan jenis gulma penting dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Perserta mampu mengendalikan gulma dengan berbagai cara secara tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menentukani jenis hama dan penyakit pada tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menentukan gejala serangan hama dan penyakit tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu mengendalikan serangan hama dan penyakit tanaman dengan berbagai cara secara tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu mengevaluasi Kriteria panen tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menentukan pascapanen tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menerapkan prinsip-prinsip pemuliaan tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menerapkan prosedur pemuliaan tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis taman dan elemen taman dengan tepat
Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan
Peserta mampu menerapkan persyaratan tumbuh tanaman perkebunan di dataran tinggi
Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan
Peserta mampu menerapkan persyaratan tumbuh tanaman perkebunan di dataran rendah
Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan
Peserta mampu mengelola kesuburan tanah pada tanaman perkebunan
Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan
Peserta mampu menerapkan penanaman tanaman perkebunan
Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan
Peserta mampu menerapkan Pemangkasan tanaman perkebunan dengan tepat
Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan
Peserta mampu menganalisis pengendalian hama dan penyakit dan gulma pada tanaman perkebunan
Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan
Peserta mampu Mengevaluasi penggunaan metode panen dan pasca panen pada tanaman perkebunan
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu merancang jenis komoditas dalam budidaya tanaman berdasarkan potensi geografis
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu merancang jenis komoditas dalam budidaya tanaman berdasarkan kesesuaian persyaratan teknis
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu merencanakan strategi pemasaran STP (Segmenting Targetting Positioning) dengan tepat
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu menentukan bauran pemasaran produk pertanian dengan tepat
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu menerapkan pengadaan Sumberdaya manusia
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu merencanakan metode pengembangan Sumber daya manusia
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu mengaplikasikan metode analisis jabatan dalam pengadaan lapangan kerja
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu merancang strategi untuk meningkatkan kinerja bisnis dengan tepat
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu Membuat laporan laba-rugi usaha produksi tanaman dengan tepat
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu menilai potensi dan peluang penerapan pertanian organik
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu menjelaskan standar lahan yang digunakan pada sistem pertanian secara organik.
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu menjelaskan standar sumber air yang digunakan pada sistem pertanian secara organik
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu merancang strategi pemupukan pada pertanian secara organik
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu merancang strategi pengendalian HPT pada pertanian secara organik
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu mengukur sistem pengelolaan panen dan pascapanen pertanian secara organik sesuai standar operasional prosedur dengan tepat
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu menganalisis sistem ekologi tanaman dalam budidaya tanaman
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu merekonstruksi pola pelestarian lingkungan dan pembangunan berwawasan lingkungan
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu merancang sistem dan menerapkan pemanfaatan limbah pertanian
Demikianlah Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Produksi Tanaman, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua.
Untuk menghadapi Ujian Pengetahuan (UP) 2019, Peserta PPG harus mempersiapkan diri agar bisa lulus dan mendapatkan sertifikat pendidik tahun ini, salah satu yang perlu dipersiapkan sebelum ujian yaitu mengetahui kisi-kisi Ujian Pengetahuan. Berikut ini Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Produksi Tanaman berdasarkan capaian pembelajaran dan indikator esensialnya.
Capaian Pembelajaran
Indikator Esensial
Mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif mengenai keprofesian guru agribisnis produksi tanaman
Disajikan narasi tentang profesi guru, peserta menganalisis prinsip dan konsep profesi keguruan berdasarkan peraturan perundang-undangan dalam narasi tersebut
Mengkreasi pendekatan dan strategi pembelajaran yang menerapkan konsep TPACK (tecnho-pedagogical content knowledge) dalam perencanaan kurikulum pembelajaran dan penilaian
Disajikan narasi tentang kegiatan dalam mata pelajaran kultur jaringan, peserta dapat menentukan model, metode atau strategi yang digunakan untuk mendukung siswa menguasai materi pembelajaran
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan narasi sarana dan prasaran yang dimiliki Laboratorium dan karakteristik materi ajar, peserta dapat menerapkan model, metode pembelajaran dan asesmen yang sesuai
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan narasi tentang materi budidaya tanaman pangan dan hortikultura, peserta dapat menentukan kesesuaian materi ajar dengan tingkat perkembangan dan lingkungan siswa
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan narasi tentang kompetensi dasar agribisnis tanaman hortikultura/pangan/perkebunan, peserta dapat menentukan materi yang berhubungan dengan kompetensi dasar
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan narasi tentang kompetensi inti yang harus dimiliki siswa SMK Pertanian, peserta dapat menyusun kompetensi dasar untuk mata pelajaran budidaya tanaman pangan dan hortikultura
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan materi pokok dalam silabus mata pelajaran tertentu dan kondisi sarana prasaran, peserta dapat menentukan media pembelajaran yang tepat
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan narasi tentang capaian pembelajaran mata pelajaran tertentu, peserta menentukan materi pokok kegiatan pembelajaran yang tepat
Menerapkan penelitian pendidikan dalam menjalani profesi guru untuk peningkatan kualitas pembelajaran agribisnis produksi tanaman.
Disajikan narasi permasalahan pembelajaran siswa, peserta dapat menentukan judul penelitian tindakan kelas dengan tepat
Menerapkan penelitian pendidikan dalam menjalani profesi guru untuk peningkatan kualitas pembelajaran agribisnis produksi tanaman.
Disajikan narasi permasalahan pembelajaran siswa, peserta dapat menyusun tujuan dan hipotesis penelitian tindakan kelas dengan tepat
Mengkreasi jenis-jenis media dan sumber pembelajaran yang efektif dalam bidang kejuruan agribisnis produksi tanaman
Disajikan narasi tentang karakteristik lahan untuk konversi lahan pertanian organik, peserta dapat mengumpulkan data tentang suatu lahan dari berbagai sumber media pembelajaran. dengan pertimbangan historis, sosiologis, empiris, teknologis, dan psikologis, serta konteks lingkungan hidup
Mengkreasi jenis-jenis media dan sumber pembelajaran yang efektif dalam bidang kejuruan agribisnis produksi tanaman
Disajikan narasi tentang karakteristik lahan untuk konversi lahan pertanian organik
Peserta dapat mengevaluasi media pembelajaran yang digunakan untuk konversi lahan
Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam melaksanakan tugas profesional dan mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif
Disajikan narasi tentang konsep pemasaran. Peserta dapat menerapkan TIK pada media pembelajaran tentang bauran pemasaran hasil pertanian
Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam melaksanakan tugas profesional dan mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif
Disajikan narasi tentang pentingnya merencanakan strategi pemasaran Peserta dapat menggunakan TIK untuk merancang berbagai model strategi pemasaran.
Menyusun materi ajar yang didasari atas kebutuhan dan karakteristik peserta didik
Studi kasus tentang penerapan budidaya tanaman organik oleh petani. peserta dapat mengkreasikan materi ajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan prinsip-prinsip pertanan organik
Menyusun materi ajar yang didasari atas kebutuhan dan karakteristik peserta didik
Disajikan narasi tujuan pembelajaran tentang penerapan budidaya tanaman secara organik. Peserta dapat merancang evaluasi materi ajar sesuai dengan kebutuhan tujuan pembelajaran.
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan narasi permasalahan pembelajaran mengenai lingkungan produk pertanian., peserta dapat menyusun sintaks pembelajaran dalam melakukan audit lingkungan internal dan eksternal dari produk pertanian
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Peserta dapat merancang indikator yang digunakan pada pelaksanaan pembelajaran audit lingkungan.
Merancang model penilaian dan evaluasi pembelajaran yang bersifat autentik-holistik yang dapat digunakan sebagai instrumen dalam mengukur ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat meeningkatkan kualitas pembelajaran agribisnis produksi tanaman
Disajikan kasus tentang berbagai usaha produksi tanaman dan profil usaha yang berhasil dan belum berhasil. peserta dapat menyusun berbagai kriteria yang tepat dan sistematis untuk melakukan penilaian pada kasus tersebut
Merancang model penilaian dan evaluasi pembelajaran yang bersifat autentik-holistik yang dapat digunakan sebagai instrumen dalam mengukur ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat meeningkatkan kualitas pembelajaran agribisnis produksi tanaman
Peserta dapat melakukan evaluasi penilaian untuk menganilisis faktor resiko dalam usaha pertanian
Membuat rencana produksi tanaman tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menetapkan jenis komoditas tanaman yang akan ditanam berdasarkan syarat tumbuh tanaman dengan tepat
Membuat rencana produksi tanaman tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu memilih cara olah tanah sesuai komoditas terpilih berbasis kesesuaian lahan dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis perbanyakan tanaman secara vegetative alami dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalis perbanyakan tanaman secara vegetative buatan dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis perbanyakan tanaman secara konjugasi, isogami, dan anisogami dengan tepat
Membuat rencana produksi tanaman tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu memilih pola tanam yang tepat untuk komoditas yang akan di tanam dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis perbanyakan tanaman secara kultur jaringan dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis prinsip-prinsip pembiakan generatif dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis prosedur kerja persemaian tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu merancang kebutuhan sarana produksi untuk kegiatan agribisnis tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis penanaman tanaman serealia dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis penanaman tanaman umbi- umbian dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis penanaman tanaman hortikultura dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menghitung kebutuhan air tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta dapat menghitung kebutuhan pupuk tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menentukan jenis gulma penting dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Perserta mampu mengendalikan gulma dengan berbagai cara secara tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menentukani jenis hama dan penyakit pada tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menentukan gejala serangan hama dan penyakit tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu mengendalikan serangan hama dan penyakit tanaman dengan berbagai cara secara tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu mengevaluasi Kriteria panen tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menentukan pascapanen tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menerapkan prinsip-prinsip pemuliaan tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menerapkan prosedur pemuliaan tanaman dengan tepat
Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)
Peserta mampu menganalisis taman dan elemen taman dengan tepat
Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan
Peserta mampu menerapkan persyaratan tumbuh tanaman perkebunan di dataran tinggi
Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan
Peserta mampu menerapkan persyaratan tumbuh tanaman perkebunan di dataran rendah
Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan
Peserta mampu mengelola kesuburan tanah pada tanaman perkebunan
Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan
Peserta mampu menerapkan penanaman tanaman perkebunan
Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan
Peserta mampu menerapkan Pemangkasan tanaman perkebunan dengan tepat
Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan
Peserta mampu menganalisis pengendalian hama dan penyakit dan gulma pada tanaman perkebunan
Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan
Peserta mampu Mengevaluasi penggunaan metode panen dan pasca panen pada tanaman perkebunan
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu merancang jenis komoditas dalam budidaya tanaman berdasarkan potensi geografis
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu merancang jenis komoditas dalam budidaya tanaman berdasarkan kesesuaian persyaratan teknis
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu merencanakan strategi pemasaran STP (Segmenting Targetting Positioning) dengan tepat
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu menentukan bauran pemasaran produk pertanian dengan tepat
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu menerapkan pengadaan Sumberdaya manusia
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu merencanakan metode pengembangan Sumber daya manusia
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu mengaplikasikan metode analisis jabatan dalam pengadaan lapangan kerja
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu merancang strategi untuk meningkatkan kinerja bisnis dengan tepat
Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman
Peserta mampu Membuat laporan laba-rugi usaha produksi tanaman dengan tepat
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu menilai potensi dan peluang penerapan pertanian organik
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu menjelaskan standar lahan yang digunakan pada sistem pertanian secara organik.
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu menjelaskan standar sumber air yang digunakan pada sistem pertanian secara organik
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu merancang strategi pemupukan pada pertanian secara organik
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu merancang strategi pengendalian HPT pada pertanian secara organik
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu mengukur sistem pengelolaan panen dan pascapanen pertanian secara organik sesuai standar operasional prosedur dengan tepat
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu menganalisis sistem ekologi tanaman dalam budidaya tanaman
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu merekonstruksi pola pelestarian lingkungan dan pembangunan berwawasan lingkungan
Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi
Peserta mampu merancang sistem dan menerapkan pemanfaatan limbah pertanian
Demikianlah Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Produksi Tanaman, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua.