KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PERIKANAN
Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Perikanan - Dalam rangka Pelaksanaan Uji Kompetensi Nasional Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Dalam Jabatan 2019 untuk Uji Pengetahuan 2019 untuk melihat pengumuman silahkan akses link http://ukmppg.ristekdikti.go.id
Untuk menghadapi Ujian Pengetahuan (UP) 2019, Peserta PPG harus mempersiapkan diri agar bisa lulus dan mendapatkan sertifikat pendidik tahun ini, salah satu yang perlu dipersiapkan sebelum ujian yaitu mengetahui kisi-kisi Ujian Pengetahuan. Berikut ini Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Perikanan berdasarkan capaian pembelajaran dan indikator esensialnya.
Capaian Pembelajaran
Indikator Esensial
Mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif mengenai keprofesian guru
Menyajikan tentang berita terkini dalam masalah peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku, peserta mampu menganalisis dan menguraikan permasalahan dengan jelas berdasar kebijakan peraturan yang berlaku
Mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif mengenai keprofesian guru
Menyajikan narasi berkaitan dengan kode etik guru, peserta dapat menerapkan kode etik guru dalam pelaksanaan tugas- tugas professional guru
Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam program keahlian perikanan
Disajikan narasi penerapan teori belajar, peserta dapat menganalisis jenis teori belajar yang digunakan berdasarkan teori belajar behavioristik, kognitivistik, humanistik, dan konstruktifistik
Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam program keahlian perikanan
Disajikan narasi masalah pembelajaran, peserta dapat menganalisis jenis media yang tepat untuk digunakan membantu peserta didik menguasai kompetensi dasar tersebut
Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam program keahlian perikanan
Disajikan narasi penerapan metode pembelajaran, peserta dapat menentukan jenis metode yang digunakan dalam pembelajaran
Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam program keahlian perikanan
Disajikan narasi penerapan jenis evaluasi pembelajaran, peserta dapat menentukan jenis evaluasi proses dan/atau produk pembelajaran
Mengevaluasi proses dan/atau produk pembelajaran berbasis teori belajar tertentu (behavioristik, kognitivistik, humanistik, dan konstruktifistik) dalam konteks mata pelajaran dan lingkungan
Disajikan narasi penerapan media pembelajaran, peserta dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis kompetensi dan lingkungan yang diinginkan dalam materi ajar tersebut
Mengevaluasi proses dan/atau produk pembelajaran berbasis teori belajar tertentu (behavioristik, kognitivistik, humanistik, dan konstruktifistik) dalam konteks mata pelajaran dan lingkungan
Disajikan narasi materi ajar menggunakan media pembelajaran tertentu, peserta dapat memahami karakteristik media pembelajaran berdasarkan pertimbangan historis, sosiologis, empiris, teknologis, dan psikologis, serta konteks lingkungan hidup (ekologis)
Mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran
Disajikan narasi masalah evaluasi pembelajaran, peserta dapat menentukan rancangan tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan rumusan kompetensi lulusan dalam RPP pada program keahlian perikanan, peserta dapat membuat rumusan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran yang tepat untuk rumusan tersebut
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan tujuan pembelajaran pada program keahlian perikanan, peserta dapat menganalisis kebutuhan belajar peserta didik berdasarkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan rumusan kompetensi dasar pada program keahlian perikanan, peserta dapat menentukan jenis penilaian, indikator penilaian, atau teknik evaluasi yang tepat untuk rumusan tersebut
Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang
Disajikan narasi hasil identifikasi potensi diri peserta didik, peserta dapat menentukan model (kontekstual, saintifik, kreatif), strategi, pendekatan, media atau penilaian memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang
Mampu melaksanakan pembelajaran secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi
Peserta dapat menerapkan contoh kreatif sajian materi ajar menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang tepat
Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Disajikan narasi proses pembelajaran, peserta dapat menerapkan prosedur penilaian proses belajar (assesment as learning) yang tepat untuk penilaian otentik terhadap proses belajar
Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Disajikan tujuan suatu proses pembelajaran, peserta dapat menentukan prosedur penilaian hasil belajar yang tepat untuk penilaian otentik terhadap hasil belajar peserta didik
Mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif sesuai peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku
Disajikan kasus tentang permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran program keahlian perikanan, peserta dapat menentukan rancangan prosedur komunikasi dengan peserta didik/rekan sejawat/tenaga kependidikan/orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif dan produktif
Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium
Disajikan kasus tentang K3 pada bidang perikanan, peserta dapat menetapkan instrumen yang tepat dan sistematis untuk mengatasi permasalahan pada kasus tersebut
Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium
Disajikan narasi penerapan K3 pada kegiatan praktikum, peserta dapat menjelaskan prosedur yang tepat dan sistematis untuk mengatasi permasalahan pada kasus tersebut
Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium
Disajikan kasus K3 pada proses pembelajaran praktikum, peserta dapat menganalisis sumber terjadinya, cara mengatasi, dan prosedur kerja untuk mengatasi kecelakaan kerja di laboratorium berdasarkan karakteristik materi dan jenis alat yang digunakan dalam percobaan
Menerapkan teknologi pembenihan ikan air tawar
Disajikan kompetensi dasar mengenai prinsip teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menerapkan teknologi pembenihan ikan air tawar
Disajikan kompetensi dasar mengenai tujuan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis prosedur teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Disajikan kompetensi dasar mengenai prosedur teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis prosedur teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Disajikan kompetensi dasar mengenai prinsip- prinsip budidaya ikan air tawar seusai dengan ekosistemnya
Mengembangkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar yang inovatif berbasis value added, Sustainability, CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik)
Disajikan kompetensi dasar mengenai produksi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar berdasarkan konsep cbib/cpib
Mengembangkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar yang inovatif berbasis value added, Sustainability, CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik)
Disajikan kompetensi dasar mengenai pembenihan dan pembesaran ikan air tawar berdasarkan konsep cbib/cpib dan lingkungnnya
Menganalisis kelayakan usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis indikator evaluasi usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis kelayakan usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis variabel evaluasi usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis aspek-aspek kelayakan usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis studi kelayakan usaha dari berbagai aspek
Menganalisis aspek-aspek kelayakan usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis konsep CBIB pada aspek kelayakan usaha
Menerapkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai instalasi suplai air
Menerapkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai sarana pemeliharaan induk udang
Menerapkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai menyiapkan sarana pemeliharaan benur udang
Menganalisis prosedur teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai sarana biosecurity
Menganalisis prosedur teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai tata letak desain dan konstruksi wadah unit pembenihan
Menerapkan persyaratan ideal peralatan pemeliharaan larva
Disajikan kompetensi dasar mengenai persyaratan bak untuk pemeliharaan larva
Menerapkan persyaratan ideal peralatan pemeliharaan larva
Disajikan kompetensi dasar mengenai peralatan ideal untuk pemeliharaan larva
Menguraikan klasifikasi udang air payau
Disajikan kompetensi dasar mengenai klasifikasi udang air payau
Mengembangkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut yang inovatif
Disajikan kompetensi dasar mengenai persyaratan induk udang air payau
Mengembangkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut yang inovatif
Disajikan kompetensi dasar mengenai ciri-ciri induk udang air payau
Menguraikan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai ciri-ciri gonad induk udang air payau
Menguraikan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai variasi jumlah pakan tambahan, larva, dan hari selama pemeliharaan
Menerapkan konsep kegiatan pertumbuhan ikan air payau dan laut berdasarkan standar pengawasan mutu
Disajikan kompetensi dasar dalam menentukan larva siap panen
Menerapkan konsep kegiatan pertumbuhan ikan air payau dan laut berdasarkan standar pengawasan mutu
Disajikan kompetensi dasar dalam pengendalian kualitas air
Menerapkan konsep kegiatan pertumbuhan ikan air payau dan laut berdasarkan standar pengawasan mutu
Disajikan kompetensi dasar dalam persyaratan parameter kualitas air selama pertumbuhan udang
Menerapkan konsep kegiatan pertumbuhan ikan air payau dan laut berdasarkan standar pengawasan mutu
Disajikan kompetensi dasar mengenai dosis pakan buatan dan ukuran saringan berdasarkan umur larva
Menerapkan pengendalian, pengawasan serta mutu hasil pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai tujuan dan alasan sampling size
Menerapkan pengendalian, pengawasan serta mutu hasil pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan udang
Menerapkan pengelolaan lingkungan pembenihan dan pembesaran udang air payau
Disajikan kompetensi dasar mengenai obat dan bahan kimia yang dapat digunakan untuk mencegah timbulnya penyakit dan pertumbuhan bakteri di media pemeliharaan udang
Menerapkan teknologi budidaya ikan hias
Disajikan kompetensi dasar mengenai kegiatan pemilihan induk pada pemijahan ikan hias
Menerapkan teknologi budidaya ikan hias
Disajikan kompetensi dasar mengenai metode pemijahan ikan hias
Menerapkan teknologi budidaya ikan hias
Disajikan kompetensi dasar mengenai jenis-jenis pakan alami ikan hias
Menerapkan parameter kualitas air pemijahan ikan hias
Disajikan kompetensi dasar mengenai pengukuran parameter kualitas air
Menganalisis prosedur teknologi budidaya ikan hias
Disajikan kompetensi dasar mengenai jenis alat pengukuran parameter kualitas air
Menganalisis hama dan penyakit pada ikan
Disajikan kompetensi dasar mengenai pengendalian hama dan penyakit ikan hias
Menerapkan teknologi budidaya rumput laut baik dilaut dan di tambak
Disajikan kompetensi dasar menentukan atau memilih lokasi budidaya rumput laut di laut berdasarkan aspek non teknis
Menganalisis prosedur pembibitan rumput laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai pembibitan rumput laut
Menganalisis prosedur penanaman dan teknologi rumput laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai metode penanaman rumput laut
Menganalisis prosedur penanaman dan teknologi rumput laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai jenis-jenis alat ukur parameter kualitas air budidaya rumput laut
Menganalisis prosedur panen dan pasca panen rumput laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai pemanenan dan pengelolaan pascapanen budidaya rumput laut
Demikianlah Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Perikanan, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua.
Untuk menghadapi Ujian Pengetahuan (UP) 2019, Peserta PPG harus mempersiapkan diri agar bisa lulus dan mendapatkan sertifikat pendidik tahun ini, salah satu yang perlu dipersiapkan sebelum ujian yaitu mengetahui kisi-kisi Ujian Pengetahuan. Berikut ini Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Perikanan berdasarkan capaian pembelajaran dan indikator esensialnya.
Capaian Pembelajaran
Indikator Esensial
Mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif mengenai keprofesian guru
Menyajikan tentang berita terkini dalam masalah peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku, peserta mampu menganalisis dan menguraikan permasalahan dengan jelas berdasar kebijakan peraturan yang berlaku
Mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif mengenai keprofesian guru
Menyajikan narasi berkaitan dengan kode etik guru, peserta dapat menerapkan kode etik guru dalam pelaksanaan tugas- tugas professional guru
Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam program keahlian perikanan
Disajikan narasi penerapan teori belajar, peserta dapat menganalisis jenis teori belajar yang digunakan berdasarkan teori belajar behavioristik, kognitivistik, humanistik, dan konstruktifistik
Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam program keahlian perikanan
Disajikan narasi masalah pembelajaran, peserta dapat menganalisis jenis media yang tepat untuk digunakan membantu peserta didik menguasai kompetensi dasar tersebut
Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam program keahlian perikanan
Disajikan narasi penerapan metode pembelajaran, peserta dapat menentukan jenis metode yang digunakan dalam pembelajaran
Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam program keahlian perikanan
Disajikan narasi penerapan jenis evaluasi pembelajaran, peserta dapat menentukan jenis evaluasi proses dan/atau produk pembelajaran
Mengevaluasi proses dan/atau produk pembelajaran berbasis teori belajar tertentu (behavioristik, kognitivistik, humanistik, dan konstruktifistik) dalam konteks mata pelajaran dan lingkungan
Disajikan narasi penerapan media pembelajaran, peserta dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis kompetensi dan lingkungan yang diinginkan dalam materi ajar tersebut
Mengevaluasi proses dan/atau produk pembelajaran berbasis teori belajar tertentu (behavioristik, kognitivistik, humanistik, dan konstruktifistik) dalam konteks mata pelajaran dan lingkungan
Disajikan narasi materi ajar menggunakan media pembelajaran tertentu, peserta dapat memahami karakteristik media pembelajaran berdasarkan pertimbangan historis, sosiologis, empiris, teknologis, dan psikologis, serta konteks lingkungan hidup (ekologis)
Mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran
Disajikan narasi masalah evaluasi pembelajaran, peserta dapat menentukan rancangan tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan rumusan kompetensi lulusan dalam RPP pada program keahlian perikanan, peserta dapat membuat rumusan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran yang tepat untuk rumusan tersebut
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan tujuan pembelajaran pada program keahlian perikanan, peserta dapat menganalisis kebutuhan belajar peserta didik berdasarkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan rumusan kompetensi dasar pada program keahlian perikanan, peserta dapat menentukan jenis penilaian, indikator penilaian, atau teknik evaluasi yang tepat untuk rumusan tersebut
Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang
Disajikan narasi hasil identifikasi potensi diri peserta didik, peserta dapat menentukan model (kontekstual, saintifik, kreatif), strategi, pendekatan, media atau penilaian memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang
Mampu melaksanakan pembelajaran secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi
Peserta dapat menerapkan contoh kreatif sajian materi ajar menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang tepat
Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Disajikan narasi proses pembelajaran, peserta dapat menerapkan prosedur penilaian proses belajar (assesment as learning) yang tepat untuk penilaian otentik terhadap proses belajar
Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Disajikan tujuan suatu proses pembelajaran, peserta dapat menentukan prosedur penilaian hasil belajar yang tepat untuk penilaian otentik terhadap hasil belajar peserta didik
Mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif sesuai peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku
Disajikan kasus tentang permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran program keahlian perikanan, peserta dapat menentukan rancangan prosedur komunikasi dengan peserta didik/rekan sejawat/tenaga kependidikan/orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif dan produktif
Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium
Disajikan kasus tentang K3 pada bidang perikanan, peserta dapat menetapkan instrumen yang tepat dan sistematis untuk mengatasi permasalahan pada kasus tersebut
Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium
Disajikan narasi penerapan K3 pada kegiatan praktikum, peserta dapat menjelaskan prosedur yang tepat dan sistematis untuk mengatasi permasalahan pada kasus tersebut
Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium
Disajikan kasus K3 pada proses pembelajaran praktikum, peserta dapat menganalisis sumber terjadinya, cara mengatasi, dan prosedur kerja untuk mengatasi kecelakaan kerja di laboratorium berdasarkan karakteristik materi dan jenis alat yang digunakan dalam percobaan
Menerapkan teknologi pembenihan ikan air tawar
Disajikan kompetensi dasar mengenai prinsip teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menerapkan teknologi pembenihan ikan air tawar
Disajikan kompetensi dasar mengenai tujuan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis prosedur teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Disajikan kompetensi dasar mengenai prosedur teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis prosedur teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Disajikan kompetensi dasar mengenai prinsip- prinsip budidaya ikan air tawar seusai dengan ekosistemnya
Mengembangkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar yang inovatif berbasis value added, Sustainability, CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik)
Disajikan kompetensi dasar mengenai produksi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar berdasarkan konsep cbib/cpib
Mengembangkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar yang inovatif berbasis value added, Sustainability, CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik)
Disajikan kompetensi dasar mengenai pembenihan dan pembesaran ikan air tawar berdasarkan konsep cbib/cpib dan lingkungnnya
Menganalisis kelayakan usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis indikator evaluasi usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis kelayakan usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis variabel evaluasi usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis aspek-aspek kelayakan usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis studi kelayakan usaha dari berbagai aspek
Menganalisis aspek-aspek kelayakan usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis konsep CBIB pada aspek kelayakan usaha
Menerapkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai instalasi suplai air
Menerapkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai sarana pemeliharaan induk udang
Menerapkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai menyiapkan sarana pemeliharaan benur udang
Menganalisis prosedur teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai sarana biosecurity
Menganalisis prosedur teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai tata letak desain dan konstruksi wadah unit pembenihan
Menerapkan persyaratan ideal peralatan pemeliharaan larva
Disajikan kompetensi dasar mengenai persyaratan bak untuk pemeliharaan larva
Menerapkan persyaratan ideal peralatan pemeliharaan larva
Disajikan kompetensi dasar mengenai peralatan ideal untuk pemeliharaan larva
Menguraikan klasifikasi udang air payau
Disajikan kompetensi dasar mengenai klasifikasi udang air payau
Mengembangkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut yang inovatif
Disajikan kompetensi dasar mengenai persyaratan induk udang air payau
Mengembangkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut yang inovatif
Disajikan kompetensi dasar mengenai ciri-ciri induk udang air payau
Menguraikan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai ciri-ciri gonad induk udang air payau
Menguraikan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai variasi jumlah pakan tambahan, larva, dan hari selama pemeliharaan
Menerapkan konsep kegiatan pertumbuhan ikan air payau dan laut berdasarkan standar pengawasan mutu
Disajikan kompetensi dasar dalam menentukan larva siap panen
Menerapkan konsep kegiatan pertumbuhan ikan air payau dan laut berdasarkan standar pengawasan mutu
Disajikan kompetensi dasar dalam pengendalian kualitas air
Menerapkan konsep kegiatan pertumbuhan ikan air payau dan laut berdasarkan standar pengawasan mutu
Disajikan kompetensi dasar dalam persyaratan parameter kualitas air selama pertumbuhan udang
Menerapkan konsep kegiatan pertumbuhan ikan air payau dan laut berdasarkan standar pengawasan mutu
Disajikan kompetensi dasar mengenai dosis pakan buatan dan ukuran saringan berdasarkan umur larva
Menerapkan pengendalian, pengawasan serta mutu hasil pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai tujuan dan alasan sampling size
Menerapkan pengendalian, pengawasan serta mutu hasil pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan udang
Menerapkan pengelolaan lingkungan pembenihan dan pembesaran udang air payau
Disajikan kompetensi dasar mengenai obat dan bahan kimia yang dapat digunakan untuk mencegah timbulnya penyakit dan pertumbuhan bakteri di media pemeliharaan udang
Menerapkan teknologi budidaya ikan hias
Disajikan kompetensi dasar mengenai kegiatan pemilihan induk pada pemijahan ikan hias
Menerapkan teknologi budidaya ikan hias
Disajikan kompetensi dasar mengenai metode pemijahan ikan hias
Menerapkan teknologi budidaya ikan hias
Disajikan kompetensi dasar mengenai jenis-jenis pakan alami ikan hias
Menerapkan parameter kualitas air pemijahan ikan hias
Disajikan kompetensi dasar mengenai pengukuran parameter kualitas air
Menganalisis prosedur teknologi budidaya ikan hias
Disajikan kompetensi dasar mengenai jenis alat pengukuran parameter kualitas air
Menganalisis hama dan penyakit pada ikan
Disajikan kompetensi dasar mengenai pengendalian hama dan penyakit ikan hias
Menerapkan teknologi budidaya rumput laut baik dilaut dan di tambak
Disajikan kompetensi dasar menentukan atau memilih lokasi budidaya rumput laut di laut berdasarkan aspek non teknis
Menganalisis prosedur pembibitan rumput laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai pembibitan rumput laut
Menganalisis prosedur penanaman dan teknologi rumput laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai metode penanaman rumput laut
Menganalisis prosedur penanaman dan teknologi rumput laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai jenis-jenis alat ukur parameter kualitas air budidaya rumput laut
Menganalisis prosedur panen dan pasca panen rumput laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai pemanenan dan pengelolaan pascapanen budidaya rumput laut
Demikianlah Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Perikanan, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua.