File Modul/Soal/Ebook App [KLIKDISINI]

KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PERIKANAN

Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Perikanan - Dalam rangka Pelaksanaan Uji Kompetensi Nasional Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Dalam Jabatan 2019 untuk Uji Pengetahuan 2019 untuk melihat pengumuman silahkan akses link http://ukmppg.ristekdikti.go.id

Untuk menghadapi Ujian Pengetahuan (UP) 2019, Peserta PPG harus mempersiapkan diri agar bisa lulus dan mendapatkan sertifikat pendidik tahun ini, salah satu yang perlu dipersiapkan sebelum ujian yaitu mengetahui kisi-kisi Ujian Pengetahuan.  Berikut ini Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Perikanan berdasarkan capaian pembelajaran dan indikator esensialnya.

Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Perikanan

Capaian Pembelajaran
Indikator Esensial

Mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif mengenai keprofesian guru
Menyajikan tentang berita terkini dalam masalah peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku, peserta mampu menganalisis dan menguraikan permasalahan dengan jelas berdasar kebijakan peraturan yang berlaku

Mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif mengenai keprofesian guru
Menyajikan narasi berkaitan dengan kode etik guru, peserta dapat menerapkan kode etik guru dalam pelaksanaan tugas- tugas professional guru

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam program keahlian perikanan
Disajikan narasi penerapan teori belajar, peserta dapat menganalisis jenis teori belajar yang digunakan berdasarkan teori belajar behavioristik, kognitivistik, humanistik, dan konstruktifistik

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam program keahlian perikanan
Disajikan narasi masalah pembelajaran, peserta dapat menganalisis jenis media yang tepat untuk digunakan membantu peserta didik menguasai kompetensi dasar tersebut

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam program keahlian perikanan
Disajikan narasi penerapan metode pembelajaran, peserta dapat menentukan jenis metode yang digunakan dalam pembelajaran

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam program keahlian perikanan
Disajikan narasi penerapan jenis evaluasi pembelajaran, peserta dapat menentukan jenis evaluasi proses dan/atau produk pembelajaran

Mengevaluasi proses dan/atau produk pembelajaran berbasis teori belajar tertentu (behavioristik, kognitivistik, humanistik, dan konstruktifistik) dalam konteks mata pelajaran dan lingkungan
Disajikan narasi penerapan media pembelajaran, peserta dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis kompetensi dan lingkungan yang diinginkan dalam materi ajar tersebut

Mengevaluasi proses dan/atau produk pembelajaran berbasis teori belajar tertentu (behavioristik, kognitivistik, humanistik, dan konstruktifistik) dalam konteks mata pelajaran dan lingkungan
Disajikan narasi materi ajar menggunakan media pembelajaran tertentu, peserta dapat memahami karakteristik media pembelajaran berdasarkan pertimbangan historis, sosiologis, empiris, teknologis, dan psikologis, serta konteks lingkungan hidup (ekologis)

Mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran
Disajikan narasi masalah evaluasi pembelajaran, peserta dapat menentukan rancangan tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran

Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan rumusan kompetensi lulusan dalam RPP pada program keahlian perikanan, peserta dapat membuat rumusan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran yang tepat untuk rumusan tersebut

Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan tujuan pembelajaran pada program keahlian perikanan, peserta dapat menganalisis kebutuhan belajar peserta didik berdasarkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan rumusan kompetensi dasar pada program keahlian perikanan, peserta dapat menentukan jenis penilaian, indikator penilaian, atau teknik evaluasi yang tepat untuk rumusan tersebut

Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang
Disajikan narasi hasil identifikasi potensi diri peserta didik, peserta dapat menentukan model (kontekstual, saintifik, kreatif), strategi, pendekatan, media atau penilaian memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang

Mampu melaksanakan pembelajaran secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi
Peserta dapat menerapkan contoh kreatif sajian materi ajar menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang tepat

Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Disajikan narasi proses pembelajaran, peserta dapat menerapkan prosedur penilaian proses belajar (assesment as learning) yang tepat untuk penilaian otentik terhadap proses belajar

Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Disajikan tujuan suatu proses pembelajaran, peserta dapat menentukan prosedur penilaian hasil belajar yang tepat untuk penilaian otentik terhadap hasil belajar peserta didik

Mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif sesuai peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku
Disajikan kasus tentang permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran program keahlian perikanan, peserta dapat menentukan rancangan prosedur komunikasi dengan peserta didik/rekan sejawat/tenaga kependidikan/orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif dan produktif

Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium
Disajikan kasus tentang K3 pada bidang perikanan, peserta dapat menetapkan instrumen yang tepat dan sistematis untuk mengatasi permasalahan pada kasus tersebut

Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium
Disajikan narasi penerapan K3 pada kegiatan praktikum, peserta dapat menjelaskan prosedur yang tepat dan sistematis untuk mengatasi permasalahan pada kasus tersebut

Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium
Disajikan kasus K3 pada proses pembelajaran praktikum, peserta dapat menganalisis sumber terjadinya, cara mengatasi, dan prosedur kerja untuk mengatasi kecelakaan kerja di laboratorium berdasarkan karakteristik materi dan jenis alat yang digunakan dalam percobaan

Menerapkan teknologi pembenihan ikan air tawar
Disajikan kompetensi dasar mengenai prinsip teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar

Menerapkan teknologi pembenihan ikan air tawar
Disajikan kompetensi dasar mengenai tujuan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar

Menganalisis prosedur teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Disajikan kompetensi dasar mengenai prosedur teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar

Menganalisis prosedur teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Disajikan kompetensi dasar mengenai prinsip- prinsip budidaya ikan air tawar seusai dengan ekosistemnya

Mengembangkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar yang inovatif berbasis value added, Sustainability, CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik)
Disajikan kompetensi dasar mengenai produksi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar berdasarkan konsep cbib/cpib

Mengembangkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air tawar yang inovatif berbasis value added, Sustainability, CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik)
Disajikan kompetensi dasar mengenai pembenihan dan pembesaran ikan air tawar berdasarkan konsep cbib/cpib dan lingkungnnya

Menganalisis kelayakan usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis indikator evaluasi usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar

Menganalisis kelayakan usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis variabel evaluasi usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar

Menganalisis aspek-aspek kelayakan usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis studi kelayakan usaha dari berbagai aspek

Menganalisis aspek-aspek kelayakan usaha pembenihan dan pembesaran ikan air tawar
Menganalisis konsep CBIB pada aspek kelayakan usaha

Menerapkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai instalasi suplai air

Menerapkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai sarana pemeliharaan induk udang

Menerapkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai menyiapkan sarana pemeliharaan benur udang

Menganalisis prosedur teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai sarana biosecurity

Menganalisis prosedur teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai tata letak desain dan konstruksi wadah unit pembenihan

Menerapkan persyaratan ideal peralatan pemeliharaan larva
Disajikan kompetensi dasar mengenai persyaratan bak untuk pemeliharaan larva

Menerapkan persyaratan ideal peralatan pemeliharaan larva
Disajikan kompetensi dasar mengenai peralatan ideal untuk pemeliharaan larva

Menguraikan klasifikasi udang air payau
Disajikan kompetensi dasar mengenai klasifikasi udang air payau

Mengembangkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut yang inovatif
Disajikan kompetensi dasar mengenai persyaratan induk udang air payau

Mengembangkan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut yang inovatif
Disajikan kompetensi dasar mengenai ciri-ciri induk udang air payau

Menguraikan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai ciri-ciri gonad induk udang air payau

Menguraikan teknologi pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai variasi jumlah pakan tambahan, larva, dan hari selama pemeliharaan

Menerapkan konsep kegiatan pertumbuhan ikan air payau dan laut berdasarkan standar pengawasan mutu
Disajikan kompetensi dasar dalam menentukan larva siap panen

Menerapkan konsep kegiatan pertumbuhan ikan air payau dan laut berdasarkan standar pengawasan mutu
Disajikan kompetensi dasar dalam pengendalian kualitas air

Menerapkan konsep kegiatan pertumbuhan ikan air payau dan laut berdasarkan standar pengawasan mutu
Disajikan kompetensi dasar dalam persyaratan parameter kualitas air selama pertumbuhan udang

Menerapkan konsep kegiatan pertumbuhan ikan air payau dan laut berdasarkan standar pengawasan mutu
Disajikan kompetensi dasar mengenai dosis pakan buatan dan ukuran saringan berdasarkan umur larva

Menerapkan pengendalian, pengawasan serta mutu hasil pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai tujuan dan alasan sampling size

Menerapkan pengendalian, pengawasan serta mutu hasil pembenihan dan pembesaran ikan air payau dan laut
Disajikan Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan udang

Menerapkan pengelolaan lingkungan pembenihan dan pembesaran udang air payau
Disajikan kompetensi dasar mengenai obat dan bahan kimia yang dapat digunakan untuk mencegah timbulnya penyakit dan pertumbuhan bakteri di media pemeliharaan udang

Menerapkan teknologi budidaya ikan hias
Disajikan kompetensi dasar mengenai kegiatan pemilihan induk pada pemijahan ikan hias

Menerapkan teknologi budidaya ikan hias
Disajikan kompetensi dasar mengenai metode pemijahan ikan hias

Menerapkan teknologi budidaya ikan hias
Disajikan kompetensi dasar mengenai jenis-jenis pakan alami ikan hias

Menerapkan parameter kualitas air pemijahan ikan hias
Disajikan kompetensi dasar mengenai pengukuran parameter kualitas air

Menganalisis prosedur teknologi budidaya ikan hias
Disajikan kompetensi dasar mengenai jenis alat pengukuran parameter kualitas air

Menganalisis hama dan penyakit pada ikan
Disajikan kompetensi dasar mengenai pengendalian hama dan penyakit ikan hias

Menerapkan teknologi budidaya rumput laut baik dilaut dan di tambak
Disajikan kompetensi dasar menentukan atau memilih lokasi budidaya rumput laut di laut berdasarkan aspek non teknis

Menganalisis prosedur pembibitan rumput laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai pembibitan rumput laut

Menganalisis prosedur penanaman dan teknologi rumput laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai metode penanaman rumput laut

Menganalisis prosedur penanaman dan teknologi rumput laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai jenis-jenis alat ukur parameter kualitas air budidaya rumput laut

Menganalisis prosedur panen dan pasca panen rumput laut
Disajikan kompetensi dasar mengenai pemanenan dan pengelolaan pascapanen budidaya rumput laut

Demikianlah Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Perikanan, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua.